kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendapatan Merosot Tajam, Credit Suisse Dalam Sorotan


Jumat, 10 Maret 2023 / 05:00 WIB
Pendapatan Merosot Tajam, Credit Suisse Dalam Sorotan

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  LONDON. Di hotel mewah Fontainebleau Miami Beach, Credit Suisse menyelenggarakan acara untuk kliennya pada bulan Oktober di tengah kekhawatiran yang semakin meningkat bahwa bank tersebut tidak lagi bermain dalam perdagangan efek setelah serangkaian kesalahan terkenal.

Dari BlackRock hingga CBOE Global Markets, investor dan perusahaan perdagangan diberi kesempatan untuk berbincang dengan tamu seperti mantan Presiden AS George W. Bush, melakukan jaringan di kolam renang tepi pantai hotel yang mewah, dan menikmati makanan yang lezat. 

Namun, tidak lama kemudian suasana berubah menjadi tidak nyaman, menurut seorang eksekutif dalam konferensi tiga hari tersebut.

Baca Juga: Harris Associates Jual Seluruh Sahamnya di Credit Suisse

Saat matahari terbit di Florida pada hari kedua, di London, manajer bank Swiss tersebut mengumumkan rencana restrukturisasi terbaru mereka - dan bisnis perdagangan efek global yang dipamerkan di Miami menjadi sasaran.

Setelah terpukul oleh kerugian US$ 5,5 miliar dari kejatuhan perusahaan investasi AS Archegos pada tahun 2021, mundur dari bisnis hedge fund dan arus keluar klien yang belum pernah terjadi sebelumnya, Credit Suisse mengatakan bahwa mereka membutuhkan miliaran dolar dan berencana untuk memisahkan sebagian besar bank investasinya, sehingga sahamnya merosot.

Baca Juga: Credit Suisse Bukukan Kerugian Sekitar Rp 119 Triliun pada 2022, Saham Merosot 14,7%

Di hotel Fontainebleau, para bankir Credit Suisse bingung dengan pengumuman tersebut, dan khawatir pekerjaan mereka dipertaruhkan, kata seorang eksekutif yang tidak ingin disebutkan namanya.

Dalam beberapa minggu berikutnya, beberapa bankir tersebut dipecat sedangkan yang lain, seperti Doug Crofton, yang saat itu menjabat sebagai kepala ekuitas global untuk Amerika Serikat, pergi untuk bergabung dengan pesaing.

Dan kejatuhan spektakuler untuk apa yang pernah menjadi penyumbang pendapatan utama bagi bank terbesar kedua di Swiss itu terjadi, ketika beberapa klien dan investor mundur, kata dua orang yang mengetahui hal ini namun tidak ingin disebutkan namanya.

Sejak saat itu, Credit Suisse kesulitan meyakinkan investor bahwa perubahan besar-besaran mereka akan memperkuat posisi bank dan bagaimana mereka akan mengorganisir perdagangan efek adalah salah satu bagian penting dari teka-teki ini.

Baca Juga: Perbankan Besar Prediksi Ekonomi AS Masuk Resesi Tahun Ini

"Tidak ada bisnis yang layak ketika pendapatannya hilang dan biaya terus berlanjut," kata Peter Hahn, profesor emeritus perbankan dan keuangan di London Institute of Banking & Finance. 

"Pemotongan biaya dan efisiensi dapat meningkatkan profitabilitas bisnis utama atau bahkan bisnis marjinal, tetapi tidak untuk bisnis yang gagal."

Menanggapi pertanyaan dari Reuters untuk artikel ini, juru bicara Credit Suisse di London mengatakan: "Kami tidak pernah mengomentari rumor atau spekulasi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×