Nasional

Pendaftaran CPNS 2021 segera dibuka, simak tips agar lolos seleksi

Kamis, 17 Juni 2021 | 04:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pendaftaran CPNS 2021 segera dibuka, simak tips agar lolos seleksi

KONTAN.CO.ID -  Jakarta. Pendaftaran seleksi CPNS 2021 segera dibuka. Simak tips berikut agar kamu lolos seleksi CPNS 2021.

Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS merupakan impian hampir semua masyarakat Indonesia. Ribuan orang menyambut dengan antusias pendaftaran Calon PNS atau CPNS yang hampir selalu diselenggarakan setiap tahun. 

Tingginya animo masyarakat yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara atau ASN sayangnya tidak berbanding lurus dengan jumlah formasi yang dibuka. 

Akibatnya tentu ada persaingan yang cukup ketat di setiap tahapan seleksi. Agar bisa lolos semua tahap seleksi CPNS, Anda perlu melakukan persiapan yang matang. 

Huda Prabowo, alumnus Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair) dalam Webinar Trik Sukses Tes CPNS 2021 Unair, memberikan tips yang bisa dicoba agar lolos seleksi CPNS. 

Saat tahap seleksi administrasi, calon peserta diimbau untuk cermat saat mempersiapkan berkas persyaratan dasar terutama surat lamaran. 

“Untuk surat lamaran tolong diperhatikan tiap instansinya karena ada keterangan tertentu, banyak yang tidak lolos berkas administrasi karena itu,” jelas Huda seperti dilansir dari laman Unair. 

Selain surat lamaran, berikut ini beberapa tips agar lolos tahap seleksi administrasi:

  • Membaca seluruh persyaratan dengan teliti.
  • Mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan.
  • Scan menggunakan alat scan yang kualitasnya terbaik.
  • Kompres seluruh dokumen maksimal 500kb.
  • Pastikan seluruh dokumen dapat terbaca dan jelas .
  • Akreditasi dilegalisir oleh kampus dan didapat saat calon ASN lulus dari kampus.
  • Memastikan pas foto diambil dengan kualitas terbaik dan kepala menghadap ke depan.

Baca Juga: Belajar dari sekarang, ini dia materi TIU, TWK, dan TKP CPNS tahun 2021

Tips menghadapi seleksi CPNS 2021

Selain persiapan dokumen, mempersiapkan diri menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) perlu dilakukan. 

Huda menyampaikan jika ia latihan soal selama minimal tiga jam dalam sehari di tengah-tengah kesibukannya berkuliah di Unair. 

Sebagai persiapan menghadapi seleksi, PNS di Kejaksaan Agung ini belajar selama lima hari, kemudian meringkas materi selama dua hari, dan latihan soal atau tryout selama tiga hari. 

Selain belajar, menjaga kesehatan penting dilakukan terlebih jika instansi yang Anda dipilih terdapat tes kesehatan. 

“Jika teman-teman memilih instansi yang memiliki sub tes SKB Kesehatan yang bersifat menggugurkan, harus jaga kesehatan, baik pola makan, dan olahraga,” saran Huda. 

Dia juga menambahkan agar peserta bisa mengontrol diri sendiri agar tidak panik. Meskipun sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, jika saat tes tiba-tiba panik bisa menyebabkan blank hingga lupa materi yang dipelajari.

Yang terakhir tips agar lolos seleksi CPNS adalah dengan berbuat baik kepada semua orang. Karena mungkin saja doa Anda belum dikabulkan tetapi doa orang lain yang kita tolong akan dikabulkan Tuhan. 

Selanjutnya: Informasi terbaru persyaratan umum dan dokumen pendaftaran CPNS tahun 2021

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru