kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penanganan evakuasi di Afganistan kacau, popularitas Biden jatuh


Sabtu, 04 September 2021 / 06:55 WIB
Penanganan evakuasi di Afganistan kacau, popularitas Biden jatuh

Sumber: Yahoo News | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Popularis Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden merosot tajam pasca keputusannya menarik pasukan AS dari Afganistan yang amburadul. Sebagian besar masyarakat AS menentang cara Biden menangani penarikan pasukan AS yang menimbulkan korban jiwa. Hal itu berdasarkan jaka pendapat Yahoo News.

Survei dilakukan terhadap 1.605 orang dewasa AS dari tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2021. Kejatuhan popularitas Biden terjadi setelah pembom bunuh diri ISIS-K menewaskan 13 tentara AS dan puluhan warga Afganistan di luar bandara utama Kabul selama hari-hari terakhir evakuasi AS yang hiruk pikuk.

Melansir Yahoo News, Jumat (3/9), ini menunjukkan bahwa opini publik terhadap Biden dan perang telah mengalami perubahan signifikan sejak jajak pendapat Yahoo News/YouGov sebelumnya, yang dilakukan setelah Taliban menguasai Kabul dua minggu lalu.

Baca Juga: Seluruh pasukan AS resmi tinggalkan Afghanistan setelah berperang 20 tahun

Saat ini, hanya 44% orang AS yang menyetujui cara Biden menangani pekerjaannya sebagai presiden. Sementara 49% lainnya tidak setuju.

Ini adalah peringkat persetujuan terendah Biden dalam jajak pendapat Yahoo News/YouGov sejak menjabat, dan untuk pertama kalinya lebih banyak orang Amerika yang tidak menyetujui kinerjanya daripada menyetujuinya.

Dua minggu lalu, 47% orang Amerika menyetujui kinerja Biden sebagai presiden, sementara 46% tidak setuju. Pada saat itu, meningkatnya ketidaksetujuan terhadap pendekatannya terhadap kebijakan luar negeri naik 7 poin persentase dari dua minggu sebelumnya belum mengurangi jumlah keseluruhannya, jika sama sekali.

Itu tampaknya telah berubah setelah serangan bandara Kabul. Hanya sepertiga orang Amerika (33%) mengatakan mereka menyetujui cara Biden menangani perang di Afghanistan; mayoritas jelas (55%) tidak setuju. 

Selanjutnya: Panas! Kapal perang AS berlayar di Selat Taiwan, China kirim pesawat tempur ke Taiwan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×