kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemprov Jawa Barat akan beri bantuan uang tunai untuk pelajar SMA/SMK Rp 1,2 juta


Kamis, 26 November 2020 / 12:35 WIB
Pemprov Jawa Barat akan beri bantuan uang tunai untuk pelajar SMA/SMK Rp 1,2 juta

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Bandung. Kabar gembira bagi pelajar SMA/SMK dan sederajat di Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan bantuan berupa uang tunai untuk pelajar SMA/SMK sederajat di wilayahnya. Bantuan uang tunai itu untuk pelajar SMA/SMK sederajat baik negeri maupun swasta.

Pemberian bantuan uang tunai untuk pelajar SMA sederajat di Jawa Barat itu berlangsung dalam program Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU). Besarnya bantuan uang tunai untuk siswa SMA atau SMK negeri berbeda dengan swasta.

Bantuan uang tunai untuk siswa SMA/SMK negeri sebesar Rp 1,2 juta. Sedangkan bantuan uang tunai bagi siswa SMA/SMK di sekolah swasta Rp 700.000.

Wakil Ketua DPRD Jabar Oleh Soleh memastikan anggaran untuk bantuan uang tunai pelajar SMA/SMK tersebut sudah disahkan. "BPMU sudah disahkan pada Senin lalu. Mulai berlaku tahun 2021. Besarannya siswa negeri Rp 1,2 juta dan swasta Rp 700.000," kata Oleh saat dihubungi lewat telepon seluler, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Katalog promo Hari Hari KJSM 26 November, belanja hemat akhir bulan

Oleh menjelaskan, perbedaan nilai bantuan bagi pelajar SMA/SMK dilatarbelakangi kondisi asumsi APBD Jabar yang masih belum solid setelah pandemi Covid-19. Jika ekonomi membaik, kata Oleh, tak menutup kemungkinan nilai bantuan akan sama atau naik. "Karena asumsi APBD kita masih belum pas akibat pandemi. Mudah-mudahan ke depan ekonomi membaik, mungkin di tahun 2022 tak ada lagi perbedaan," ujar Oleh.

Adapun teknis pembagian bantuan akan diserahkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Ia pun berjanji bakal mengawal program itu agar bantuan bisa sampai kepada para siswa. "Teknisnya nanti kita mendata jumlah siswa sekolah baik negeri maupun swasta. Teknisnya tak begitu mengerti apakah penyalurannya disatukan lewat sekolah atau per murid. Yang jelas angka itu insya Allah akan sampai baik itu mau lewat sekolah yayasan atau direct," tuturnya.

Oleh pun berharap dengan disahkannya program itu, tingkat pendidikan di Jabar semakin meningkat sekaligus memberi semangat kepada para orangtua dan siswa setelah lama tak belajar tatap muka. "Ini juga sekaligus mengingatkan agar tidak ada alasan lagi bagi orangtua untuk menyekolahkan anaknya ke tingkat SMA," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sah, Siswa SMA/SMK di Jabar Dapat Bantuan Rp 700.000 hingga Rp 1,2 Juta",

Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Editor : Farid Assifa

Selanjutnya: Pensiunan PNS dan ahli waris akan dapat dana segar, ini syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×