kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemimpin DPR AS: Trump bilang punya tanggungjawab atas penyerbuan gedung Capitol


Selasa, 12 Januari 2021 / 20:20 WIB
Pemimpin DPR AS: Trump bilang punya tanggungjawab atas penyerbuan gedung Capitol

Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Donald Trump siap memikul "tanggungjawab" atas penyerbuan terhadap gedung Capitol minggu lalu, Pemimpin Minoritas DPR AS Kevin McCarthy mengatakan kepada anggota parlemen dari Republik, partai pendukung Trump.

Dua orang yang akrab dengan pengarahan McCarthy tersebut mengungkapkan kepada Reuters.

McCarthy, yang yakin Trump bertanggungjawab atas kekerasan tersebut, membagikan perincian percakapan telepon yang dia lakukan dengan Trump selama pertemuan dua setengah jam dengan anggota parlemen dari Republik itu. 

Banyak di antara anggota parlemen terpecah atas penyerbuan itu, sumber tersebut menyebutkan.

Baca Juga: Lindungi ibu kota AS jelang pelantikan Biden, Garda Nasional kirim 10.000 tentara

Ribuan pendukung Trump menyerbu gedung Capitol pada Rabu (6/1) pekan lalu, memaksa anggota parlemen yang mengesahkan kemenangan Joe Biden bersembunyi dalam peristiwa yang menewaskan lima orang tersebut.

Kekerasan terjadi tak lama setelah Trump mendesak para pendukungnya untuk berbaris di Capitol selama unjuk rasa, di mana dia mengulangi klaim palsu bahwa Pemilihan Presiden AS 3 November telah "dicurangi" terhadapnya.

Meminta Trump menelepon Biden

Trump awalnya mengabaikan tuntutan bahwa dia mengutuk serangan itu, mengulangi klaim palsu tentang penipuan pemilihan presiden dan menyebut para pendukung yang terlibat dalam pengepungan Kongres sebagai "sangat istimewa".

Sehari kemudian, Trump menggambarkan kekerasan itu sebagai "serangan keji" dan berjanji untuk bekerja menuju peralihan kekuasaan yang lancar, meskipun dia tidak mengakui kekalahan dalam pemilihan.

Baca Juga: Donald Trump mengundurkan diri dari Presiden AS?



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×