CLOSE [X]

Pemerintah targetkan 40% masyarakat dapat vaksin Covid-19 lengkap di akhir 2021

Rabu, 15 Desember 2021 | 05:05 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Pemerintah targetkan 40% masyarakat dapat vaksin Covid-19 lengkap di akhir 2021


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi virus corona (Covid-19) di Tanah Air. Saat ini, Indonesia sudah melakukan 250 juta suntikan dan diperkirakan target 300 juta suntikan baru akan tercapai pada pekan ketiga Januari 2022 mendatang.

Meski begitu, pemerintah mendorong pencapaian vaksinasi dosis lengkap pada tahun 2022 mencapai 40% dari total populasi Indonesia.

"Kalau dari target vaksinasi sudah hampir 50% tapi dari total populasi masih 38,16%," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat rapat dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (14/12).

Baca Juga: Pemerintah akan mulai vaksinasi booster Covid-19 pada Januari 2022

Budi menambahkan, saat ini terdapat 146 juta orang yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Sementara untuk total orang yang mendapat dosis kedua sebanyak 103 juta orang.

Pencapaian tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat kelima dunia dalam capaian vaksinasi. Meski begitu terdapat perlambatan laju vaksinasi sejak bulan November lalu.

Oleh karena itu sejumlah target yang telah ditetapkan dinilai tidak tercapai. Salah satunya adalah target capaian 70% vaksinasi dosis pertama di setiap provinsi.

"Baru 13 provinsi yang mencapai target," terang Budi.

Sejumlah provinsi dengan populasi besar yang belum mencapai target 70% vaksinasi adalah Jawa Barat, Sumatra Utara, Sumatra Selatan Sumatra Barat, dan Sulawesi Selatan. Koordinasi dengan kepala daerah serta TNI/Polri akan dilakukan untuk percepatan vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru