Pemerintah akan tingkatkan dana hibah pariwisata 2021 menjadi Rp 3,7 triliun

Selasa, 28 September 2021 | 06:50 WIB   Reporter: Bidara Pink
Pemerintah akan tingkatkan dana hibah pariwisata 2021 menjadi Rp 3,7 triliun


KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. Pemerintah meningkatkan dana hibah pariwisata di tahun 2021.  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dana hibah pariwisata di tahun ini menjadi Rp 3,7 triliun, naik dari Rp 3,3 triliun pada tahun 2020. 

“Ini merupakan bagian dari perlindungan sosial yang ditingkatkan,” ujar Airlangga dalam Rakornas Parekraf tahun 2021, Senin (27/9) secara virtual. 

Airlangga menegaskan, hibah tersebut tidak hanya bisa digunakan di sektor hotel dan restoran, tetapi juga bisa digunakan di biro perjalanan wisata, pengelola destinasi, dan taman rekreasi. 

Baca Juga: Pelonggaran PPKM, Dafam Hotel optimistis okupansi di akhir tahun bisa tembus 70%

Di luar itu, pemerintah juga sudah mengalokasikan dana sekitar Rp 7,67 triliun untuk mempercepat pengembangan kawasan strategi pariwisata nasional, wisata awal, dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata. 

Selain itu, ada peningkatan anggaran bantuan insentif pemerintah menjadi Rp 60 miliar. Ia mendapuk, ini lebih besar 3 kali lipat dari tahun 2020.  “Sasarannya adalah 7 subsektor ekonomi kreatif, yaitu aplikasi, game developer, kriya, fesyen, kuliner, film, dan sektor pariwisata,” tambah Airlangga. 

Dengan adanya uluran tangan dari pemerintah tersebut, Airlangga berharap ini mampu mendongkrak pemulihan ekonomi kreatif dan pariwisata, sehingga bisa menyumbang pada pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2021. 

Selanjutnya: Mulai November, Thailand abaikan syarat karantina bagi pelancong

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru