Nasional

Pemberian THR dan subsidi ongkos kirim jadi penopang ekonomi di kuartal II 2020

Jumat, 23 April 2021 | 06:10 WIB   Reporter: Yusuf Imam Santoso
Pemberian THR dan subsidi ongkos kirim jadi penopang ekonomi di kuartal II 2020

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan tahun ini pemerintah akan menggelontorkan anggaran tunjangan hari raya (THR) sebesar Rp 30,6 triliun untuk pegawai negeri sipil (PNS), TNI, dan Polri.

Meskipun pemerintah melarang mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021, Sri Mulyani meyakini THR tetap efektif mendorong perekonomian di kuartal II-2021. Sebab, dengan adanya subsidi ongkos kirim (ongkir) yang dianggarkan sebesar Rp 500 miliar saat hari belanja online nasional (harbolnas), ia berharap perputaran uang dari THR bisa tetap berjalan.  

“Kita harapkan seluruh masyarakat berpartisipasi dan pemerintah akan menggunakan berbagai instrumen secara kreatif seperti akan ada harbolnas. Itu tujuannya adalah walaupun kita tidak ketemu kita masih bisa mengirimkan kepada yang anda sayangi di tempat kota asal kita dan sekarang dengan berbagai macam teknologi digital,” kata Menkeu saat Konferensi Pers APBN, Kamis (22/4).

Baca Juga: Ini empat kategori produk terlaris di Lazada selama bulan Ramadan

Setali tiga uang, Sri Mulyani dengan tetap berada di rumah saat lebaran, aktivitas ekonomi tetap bisa berlangsung, tanpa nkhawatir adanya peningkatan kasus virus corona.  

“THR bisa menjadi salah satu yang mendorong ekonomi itu sangat signifikan dibandingkan dengan jumlah total belanja pemerintah pusat yang sampai bulan Maret saja Rp 350 triliun,” ujar Menkeu. 

Di sisi lain Kepala Ekonom BCA David Sumual juga mengharapkan meski mudik dilarang, konsumsi rumah tangga diproyeksi akan tumbuh didorong oleh belanja online. 

“Jadi ada stimulus Rp 500 miliar harapannya diskon itu bisa menggerakkan belanja ritel meskipun mobilitasnya akan terbatas, tidak ada mudik tidak ada mobilitas belanja retel, tapi masih bisa dilakukan lewat e-commerce,” kata David kepada Kontan.co.id, Kamis (22/4).

Selanjutnya: Rayakan bulan Ramadan, UC Browser berkolaborasi dengan Lazada, Tokopedia, dan Oppo

 

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru