Pembangunan Jaya Ancol (PJAA) Akan Memperluas Kawasan untuk Kembangkan Wisata Bahari

Jumat, 23 September 2022 | 07:00 WIB   Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Pembangunan Jaya Ancol (PJAA) Akan Memperluas Kawasan untuk Kembangkan Wisata Bahari


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) akan memperluas kawasan untuk mengembangkan wisata bahari yang berstandar internasional. Nantinya perluasan kawasan ini akan mencakup area Ancol Barat dan Ancol Timur. 

Sekretaris Perusahaan Pembangunan Jaya Ancol, Agung Praptono menjelaskan PJAA secara konsisten dan berkesinambungan terus melakukan pengembangan dan inovasi. 

“Pada perluasan kawasan ini, PJAA akan fokus pada pengembangan wisata bahari yaitu dengan mengembangkan Marina Ancol dengan standar internasional dan mengembangkan kawasan rekreasi pantai berikut sarana pendukungnya,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (22/9). 

Baca Juga: Pembangunan Jaya Ancol (PJAA) Incar Laba Rp 40 Miliar-Rp 80 Miliar pada Tahun Ini

Agung menyatakan, strategi ini dilakukan selaras dengan visi pemerintah pusat untuk memaksimalkan potensi wisata bahari Indonesia sehingga turut menjadi mesin pertumbuhan ekonomi. Adapun perluasan lahan ini rencananya akan dilakukan tetap di kawasan Ancol yaitu area Ancol Barat dan Ancol Timur. 

Sampai dengan semester I 2022, PJAA mencatatkan kenaikan pendapatan yang signifikan hingga 96,1% secara tahunan atau year on year (YoY) menjadi Rp 413,72 miliar dari yang sebelumnya Rp 210,87 miliar di semester I 2021. 

Agung menjelaskan, pada tahun 2022 pengendalian pandemi Covid-19 semakin membaik yang berdampak pada peningkatan pengunjung Ancol. 

Dia memaparkan, jumlah pengunjung Ancol sampai dengan bulan Juni 2022 mengalami peningkatan sebesar 73% dibandingkan Juni 2021. Di samping itu PJAA juga berhasil dalam melakukan efisiensi opex sehingga mendorong kinerja profitabilitas. 

 

 

Terbukti hingga Juni 2022 PJAA mampu mencetak untung senilai Rp 37,43 miliar dari yang sebelumnya rugi bersih Rp 96,86 miliar di Juni 2021. 

Di semester II 2022, Agung optimistis kinerja PJAA akan semakin membaik melihat kondisi pandemi yang semakin terkendali serta pencapaian semester I yang cukup baik. 

“Jumlah pengunjung dari awal tahun hingga Agustus tahun ini juga cukup memuaskan yaitu 4,7 juta orang atau  naik sebesar 138% jika dibandingkan tahun lalu yang berada di 2 juta orang,” ungkapnya. 

Apalagi dalam waktu dekat ini Ancol akan memperkenalkan unit rekreasi baru yaitu Bird Land yang diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa menyemarakkan liburan akhir tahun 2022.

Selanjutnya: Cek Rekomendasi Saham BCAP, BULL, MDKA, MDLN, dan AGRO untuk Jumat (23/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru