kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelita Air Service sedang mengurus perizinan AOC penerbangan berjadwal


Selasa, 30 November 2021 / 09:50 WIB
Pelita Air Service sedang mengurus perizinan AOC penerbangan berjadwal

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelita Air Service (PAS) semakin dekat untuk mencuil pasar penerbangan komersial berjadwal. Anak usaha PT Pertamina (Persero) ini melirik besarnya potensi segmen penerbangan domestik di Indonesia.

Saat ini PAS sedang mengurus perizinan Air Operator Certificate (AOC) penerbangan berjadwal di Kementerian Perhubungan. Staf Khusus Menteri Perhubungan bidang Komunikasi dan SDM, Adita Irawati mengatakan bahwa saat ini pengurusan izin tersebut masih dalam tahap pemenuhan persyaratan.

Terbitnya izin penerbangan komersial berjadwal tergantung dari seberapa cepat pemenuhan syarat oleh PAS. "AOC untuk penerbangan berjadwal masih dalam proses. Pihak Pelita masih harus memenuhi beberapa persyaratan. (Kapan izin terbit) tergantung dari Pelita sendiri, dalam mempercepat pemenuhan syaratnya," kata Adita kepada Kontan.co.id, Senin (29/11).

Dalam sejumlah pemberitaan diinformasikan bahwa PAS nantinya akan menjadi maskapai yang membuka layanan kelas medium service dengan menggunakan pesawat Airbus A320, yang berbasis operasi di Bandara Soekarno-Hatta. Sayangnya, hingga tulisan ini dibuat, pihak manajemen Pelita Air Service masih enggan memberikan tanggapan dan konfirmasi mengenai penerbangan komersial berjadwal ini. 

Baca Juga: Izin terbang berjadwal keluar, Pelita Air ditargetkan terbang awal 2022

Kendati begitu, Komisaris Utama Pelita Air Service Michael Umbas mengamini bahwa pihaknya memang mengkaji penerbangan berjadwal, dengan fokus menggarap pasar dalam negeri. Langkah ini pun mendapatkan dukungan dari PT Pertamina (Persero) yang sepenuhnya memegang saham PAS.

"Untuk detail teknis nanti (dijelaskan) langsung direksi PAS. Terkait penerbangan berjadwal memang kami mengkaji lebih dahulu dan melihat potensi bisnis untuk domestik," ungkap Michael saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (29/11).

Kabar Pelita Air yang akan melayani penerbangan komersial berjadwal memang sudah beredar dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini juga menjadi salah satu strategi untuk tetap menjaga kinerja industri penerbangan di tengah restrukturisasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA), yang bakal memangkas sejumlah rute penerbangan.



TERBARU

×