Pelaksanaan tes CPNS 2021 bisa diperpanjang, apa alasannya?

Rabu, 12 Mei 2021 | 10:01 WIB Sumber: Kompas.com
Pelaksanaan tes CPNS 2021 bisa diperpanjang, apa alasannya?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dipertimbangkan untuk diperpanjang. Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, pelaksanaan tes di lapangan hendaknya mempertimbangkan potensi penyebaran varian baru Covid-19 yang sudah teridentifikasi di Indonesia. 

"Kita bisa extend durasi pelaksanaan tes. Misalnya, memangkas jumlah sesi ujian per hari dari yang sebelumnya bisa dilaksanakan sebanyak tiga sesi menjadi dua sesi," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (11/5/2021). 

Ia juga meminta penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan seleksi ASN 2021 dilakukan lebih ketat, dengan mengantisipasi terjadinya potensi penyebaran kerumunan peserta ujian di lapangan. 

Selain itu, ia meminta ketersediaan titik lokasi tes seleksi yang memadai, baik di lokasi Kantor BKN maupun lokasi mandiri yang disediakan instansi penyelenggara. 

Baca Juga: Bulan ini dapat THR, PNS dapat gaji ke-13 bulan depan

Menurut dia, perlu disediakan skenario jika terjadi klaster penularan baru di lokasi ujian. Bima menekankan bahwa prinsip pelaksanaan seleksi CPNS 2021 yang masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19 harus disesuaikan dengan kondisi genting adanya varian baru Covid-19, meskipun berkonsekuensi terhadap perpanjangan durasi pelaksanaan ujian. 

Sebelumnya, BKN sudah menyampaikan total kebutuhan ASN 2021 sebanyak 1.275.387 calon pegawai. Secara detail, instansi di pemerintah pusat membutuhkan sebanyak 83.669 calon pegawai. 

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2021 buka formasi khusus, ini syarat-syaratnya

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru