kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo Kerek Rating Bussan Auto Finance Jadi idAAA, Ini Alasannya


Minggu, 17 April 2022 / 06:55 WIB
Pefindo Kerek Rating Bussan Auto Finance Jadi idAAA, Ini Alasannya

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat PT Bussan Auto Finance (BAF) dan Obligasi III/2019 yang beredar dari idAA menjadi idAAA dengan prospek perusahaan stabil. 

Pefindo melihat, adanya dukungan yang sangat kuat dan berkelanjutan dari Mitsui & Co., Ltd sebagai pemegang saham pengendali. Terlebih, BAF merupakan satu-satunya anak perusahaan di Indonesia yang terkonsolidasi dengan Mitsui.

"Indonesia merupakan salah satu dari sepuluh negara terpenting di kegiatan usaha Mitsui. BAF merupakan bagian dari segmen Machinery and Infrastructure, salah satu dari tiga segmen usaha terbesar Mitsui," kata Pefindo, dalam keterangan resmi, Kamis (14/4). 

Selain itu, terdapat integrasi usaha yang kuat antara BAF dengan Mitsui mengingat Yamaha juga merupakan salah satu perusahaan di segmen ini dan BAF merupakan perusahaan pembiayaan captive untuk sepeda motor Yamaha di Indonesia. 

Baca Juga: Pefindo Sematkan Peringkat idAAA kepada Eximbank

Bukti dukungan dari Mitsui juga tercermin dari pemberian corporate guarantee atas 65,2% dari fasilitas kredit BAF pada akhir 2021. BAF juga menunjukkan peningkatan pertumbuhan usaha dan menjaga kinerja keuangan dengan mencatatkan laba bersih Rp473,7 miliar, mayoritas disumbangkan oleh jasa pembiayaan sepeda motor Yamaha.

Pefindo menyebut, obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan. Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang, relatif terhadap obligor lain adalah superior.

Peringkat juga mencerminkan kemungkinan tingkat dukungan induk Perusahaan yang sangat kuat, posisi pasar yang kuat, dan tingkat permodalan yang kuat. Namun peringkat dibatasi oleh kualitas aset yang dibawah rata-rata dan kompetisi yang ketat di segmen selain pasar captive

Peringkat dapat turun jika terjadi penurunan dukungan yang signifikan dari Induk, yang dapat diindikasikan dengan tingkat pengendalian dari Induk yang berkurang, atau kinerja usaha dan keuangan BAF yang melemah secara drastis yang menyebabkan kontribusi BAF terhadap Induk yang berkurang secara signifikan.

Baca Juga: Bank Victoria Raih Peringkat idA- dari Pefindo

BAF didirikan pada tahun 1995 sebagai PT Pembiayaan Getraco Indonesia. Perusahaan kemudian berganti nama menjadi PT Danamon Mits Otomotif Finance pada tahun 1997, dan menjadi PT Bussan Auto Finance pada 1998. 

Per FY2021, saham Perusahaan dimiliki oleh Mitsui 65,0%, Yamaha Motor Co., Ltd 17,7%, PT Sinergi Autoindo Abadi 15,0%, dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing 2,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×