Nasional

Pebisnis pariwisatan akan diguyur bantuan hibah berjumlah Rp 3,7 triliun

Jumat, 14 Mei 2021 | 11:35 WIB Sumber: Kompas.com
Pebisnis pariwisatan akan diguyur bantuan hibah berjumlah Rp 3,7 triliun


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah akan kembali menyalurkan dana bantuan. Kali ihni, bantuan itu berupa dana hibah yang khusus menyasar pelaku industri pariwisata seperti di bidang perhotelan, restoran, hiburan, hingga biro perjalanan wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berencana mengucurkan bantuan dana hibah pariwisata senilai Rp 3,7 triliun dalam waktu dekat. Saat ini, pengajuan bantuan dana hibah pariwisata sedang dalam proses.

"Masih dalam proses, dan kita ajukan melalui PEN 2021 untuk dana hibah pariwisata 2021 dengan pagu Rp 3,7 triliun. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan kita mulai meluncurkan dana hibah pariwisata,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (10/5/2021).

Sandiaga mengatakan, nantinya pemberian bantuan dana hibah pariwisata berdasarkan data pajak hotel, pajak resto, dan pajak hiburan tahun 2019. Sementara itu, data pajak penghasilan atau pajak pertambahan nilai 2019 untuk usaha biro perjalanan wisata.

“Kami akan terus berkordinasi mendorong biro-biro perjaanan wisata untuk bersiap dan berkordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengaktifkan asosiasi, guna memberikan data tertkini agar kebijakan ini bisa lebih tersosialisasi dan teredukasi,” jelas dia.

Baca juga: Tempat wisata DKI Jakarta tetap dibuka saat libur Lebaran, begini aturannya

Di sisi lain, Sandiaga berharap dengan bantuan dana hibah pariwisata ini bisa meningkatkan skill sumber daya manusia dari pelaku pariwisata ekonomi kreatif dengan realita baru. Sehingga dapat menjadi pariwisata nusantara yang bekualitas, dan berkelanjutan.

“Kita terus lakukan persiapan ini dan diharapkan begitu dana hibah kita luncurkan, kita bisa mamastikan tempat sasaran, sehingga para pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata ini dapat meningkatkan skill mereka yang sesuai tema pariwisata,” jelas dia.

Baca juga: Sandiaga Uno tegaskan tidak ada wisatawan asing yang masuk ke Indonesia

Sandiaga menegaskan, saat ini fokus Kemenparekraf adalah pariwisata nusantara dimana potensinya cukup besar di depan mata. Selain itu, Kemenparekraf memastikan program-program andalan tetap berlanjut pasca-lebaran 2021.

"Program andalan kita pasca lebaran, dana hibah pariwisata, program PEN untuk berbagai sektor, pogram Gernas Bangga Wisata Indonesia, dan program lainnya yang akan kita sandingkan dengan public privat partnership. Jadi kita akan fokus kepada stimulus untuk menggerakkan ekonomi, membangkitkan dan memulihkan UMKM, dan terpenting meingkatkan produk lokal, dan meningkakan lapangan kerja seluas-luasnya,” tegas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sandiaga Uno Bakal Kucurkan Dana Hibah Rp 3,7 Triliun Dalam Waktu Dekat",


Penulis : Kiki Safitri
Editor : Bambang P. Jatmiko

 

Selanjutnya: Pemerintah terus melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan di tempat wisata

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru