kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar mobil SUV mewah tetap seksi di tengah pandemi, APM luncurkan varian baru


Sabtu, 31 Oktober 2020 / 00:25 WIB
Pasar mobil SUV mewah tetap seksi di tengah pandemi, APM luncurkan varian baru

Reporter: Agung Hidayat | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar mobil Sport Utility Vehicle (SUV) mewah masih tetap seksi, tak heran beberapa Agen Pemegang Merek (APM) mobil berupaya meluncurkan beberapa varian baru di segmen tersebut.

Selain menyegarkan pilihan di pasar otomotif, segmen mobil premium dianggap cukup tahan banting selama pandemi.

Jongkie Sugiarto, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan pasar SUV saat ini memang sedang nge-trend di dunia. Jadi tidak salah untuk meluncurkan model-model baru," ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (30/10).

Tapi harga yang ditawarkan SUV mewah ini tergolong tinggi hingga Rp 2 miliar per unit. Oleh karena itu, kata Jongkie pasarnya di Indonesia memang tidak terlalu besar namun tidak sepi peminat. Apakah dengan upaya peluncuran model baru ini adalah sinyal naiknya daya beli, atau malah menandakan segmen mobil premium lebih tahan banting ketimbang segmen di bawahnya?

Jongkie mengaku enggan berspekulasi, karena situasi pasar mobil nasional saat ini masih jauh capaiannya dibandingkan tahun lalu. "Saat ini semua segmen juga kena imbasnya pandemi, tidak ada yang terkecuali baik menengah ke bawah maupun premium," sebutnya.

Baca Juga: Harga mobil bekas Suzuki Ignis tahun muda sudah murah, mulai Rp 110 jutaan

Sementara itu Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) menilai bahwa secara umum perkembangan SUV di market otomotif mulai menampakkan tren positif. Secara keseluruhan komposisi SUV terhadap pasar mobil nasional tahun ini mencapai 20,7% dimana pada tahun lalu hanya 18% saja, Henry menilai ada kenaikan.

Nah di dalam Segmen SUV ini juga ada 4x4, yang biasanya diasosiasikan mobil bongsor mahal memang tidak cukup besar secara unit tetapi tetap memiliki pasarnya tersendiri. "Komposisi terhadap total permintaan SUV nya pun cukup meningkat dari 2,5% di tahun lalu menjadi 2,9% tahun ini," kata Henry kepada Kontan.co.id, Jumat (30/10).

Pasar ini cukup khusus dimana kebutuhan nya pun khusus, di dalam nya kata Henry Toyota Land Cruiser saat ini menjadi penyumbang besar dengan market share sekitar 23,4%. Asal tahu saja SUV Toyota tersebut masih diperoleh dari impor dan dibanderol dengan harga kisaran Rp 2,18 miliar per unit.

Baca Juga: Simak harga mobil baru murah mulai Rp 100 jutaan per Oktober 2020

Mengenai kemungkinan melakukan penyegaran, Henry hanya bilang pihaknya kedepan akan terus mengembangkan model tersebut menyesuaikan tren dan kebutuhan yang ada. "Karena memang kebutuhannya akan selalu ada walaupun khusus," ungkapnya.

Sebelumnya, BMW Indonesia dikabarkan telah meluncurkan SUV mewah yakni BMW X7. Sebagai pemain baru yang dibanderol Rp 2,399 miliar (off the road), X7 digadang-gadang memiliki daya pikat tersendiri terutama bagi konsumen elit.



TERBARU

×