Pangsa pasar segmen MPV capai 40%, ini kata Gaikindo

Kamis, 04 November 2021 | 09:40 WIB   Reporter: Vina Elvira
Pangsa pasar segmen MPV capai 40%, ini kata Gaikindo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) berlomba-lomba akan memperkenalkan produk anyar jelang tutup tahun 2021 ini. Beberapa di antaranya, hadir lewat segmen low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV.

Seperti misalnya Mitsubishi yang akan meluncurkan Xpander pada 8 November mendatang. Lalu ada Toyota Avanza yang akan dirilis pada 10 November, yang kemudian disusul oleh Daihatsu Xenia pada 11 November nanti.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan bahwa jenis mobil MPV memiliki ketertarikan tersendiri di mata konsumen Indonesia. Ini menjadi alasan mengapa segmen mobil yang satu ini masih cukup diminati oleh masyarakat, termasuk di tahun 2021.

"Segmen MPV masih akan menjadi pilihan konsumen," ujar Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (3/11).

Baca Juga: Masih mendominasi pasar MPV, Toyota Astra Motor (TAM) luncurkan produk baru bulan ini

Jongkie memaparkan, pangsa pasar penjualan nasional memang masih dipegang oleh segmen MPV dan Low Cost Green Car (LCGC). Di mana, segmen MPV pangsa pasarnya mencapai 40% sedangkan untuk LCGC berada di level 22%.

"Ini karena masyarakat Indonesia masih menyukai mobil serba guna yakni multi purpose vehicle atau MPV," kata dia.

Dihubungi secara terpisah, PT Honda Prospect Motor (HPM) menyebut bahwa hingga saat ini pihaknya masih memasarkan mobil di segmen MPV lewat produk Honda Mobilio.

"Untuk pasar MPV, saat ini kami fokus di segmen LMPV dengan Honda Mobilio yang merupakan salah satu segmen yang masih sangat diminati oleh konsumen di Indonesia," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor Yusak Billy.

Adapun, di tahun ini penjualan Honda Mobilio tercatat sebanyak 4,546 unit, atau sekitar 6% dari total penjualan Honda pada periode Januari-Oktober 2021. Jumlah itu tercatat menurun dari periode yang sama di tahun lalu sebanyak 5,705 unit.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru