kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paling cepat minggu depan, Selandia Baru kemungkinan menyetujui vaksinasi COVID-19


Selasa, 26 Januari 2021 / 17:40 WIB
Paling cepat minggu depan, Selandia Baru kemungkinan menyetujui vaksinasi COVID-19

Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selandia Baru dapat menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 paling cepat minggu depan, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan pada hari Selasa, sehari setelah negara itu mengkonfirmasi kasus pertama virus corona baru di komunitas dalam beberapa bulan.

"Kami membuat kemajuan cepat dalam memvaksinasi warga Selandia Baru untuk melawan virus, tetapi kami juga benar-benar berkomitmen untuk memastikan vaksin tersebut aman dan efektif," kata Ardern dalam sebuah pernyataan.

Kasus yang terjadi di komunitas baru-baru ini terhadap seorang wanita yang kembali ke Selandia Baru pada 30 Desember dan dites positif mengidap jenis virus Afrika Selatan setelah meninggalkan karantina wajib selama dua minggu, menyebabkan Australia segera menangguhkan gelembung perjalanan dengan Selandia Baru selama 72 jam.

Tekanan meningkat pada pemerintah Ardern untuk memvaksinasi lima juta orang Selandia Baru, karena negara-negara maju lainnya melompat maju dengan program persetujuan dan vaksinasi. Ardern mengatakan, regulator obat negara, Medsafe, sedang bekerja untuk memberikan persetujuan sementara untuk vaksin Pfizer Inc dan BioNTech SE.

Baca Juga: China temukan jejak virus corona di lokasi vaksinasi, ini asalnya

Vaksin pertama akan tiba di Selandia Baru pada akhir Maret. “Yang paling penting adalah kapan kita selesai, bukan kapan kita mulai,” kata Menteri Penanggulangan COVID-19 Chris Hipkins dalam pernyataannya. 

“Kami berharap dapat mulai memvaksinasi populasi yang lebih luas pada pertengahan tahun.”

Penguncian yang sulit dan isolasi geografis telah membantu negara itu hampir menghilangkan virus corona baru di dalam perbatasannya.

Selandia Baru hanya memiliki 1.927 kasus yang dikonfirmasi. Tetapi dengan pandemi yang berkecamuk secara global, lebih banyak orang yang terinfeksi, termasuk varian baru, meningkatkan kekhawatiran bahwa virus dapat menyebar lagi di komunitas.

Selanjutnya: China melaporkan penurunan kasus COVID-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×