Ekonomi

Pada Januari 2021, BNI salurkan KUR senilai Rp 1,6 triliun

Kamis, 04 Maret 2021 | 04:15 WIB   Reporter: Maizal Walfajri
Pada Januari 2021, BNI salurkan KUR senilai Rp 1,6 triliun

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan tetap menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) di tengah pandemi. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) misalnya, telah menyalurkan kredit berbunga rendah itu senilai Rp 1,6 triliun sepanjang Januari 2021. 

“Penyaluran KUR BNI hingga Januari 2021 mencapai sebesar Rp1,6 triliun. Sebanyak 52,5% dari penyaluran itu disalurkan kepada sektor produksi terutama untuk sektor pertanian dan perdagangan,” ujar GM Bisnis Usaha Kecil-2 BNI Bambang Setyatmojo kepada Kontan.co.id pada Selasa (2/3).

Bank dengan sandi saham BBNI ini juga telah memperluas jangkauan pasar KUR secara aktif dengan mengembangkan sistem kerjasama dengan platform digital seperti Gojek dan Grab. Selain itu BNI juga melibatkan e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia untuk pembiayaan kepada mitra mereka.

Baca Juga: Perincian biaya administrasi tabungan Bank BNI, suku bunga, & saldo minimal terbaru

Bambang menyatakan kualitas pembiayaan dengan metode kerjasama ini relatif lebih aman. Lantaran telah ada jejak catatan transaksi mitra serta terdapat data lainnya yang dapat bank gunakan sebagai pre-screening.

“Penyaluran KUR BNI juga telah mengembangkan digitalisasi proses kredit melalui Aplikasi Digital BNIMove sehingga mempermudah dan mempercepat proses. Mulai dari permohonan kredit dapat dilakukan secara online, dan pre screening calon debitur juga telah terhubung dengan pihak eksternal yang berwenang hingga keputusan kredit seperti SLIK, Dukcapil dan SIKP,” papar Bambang. 

Ia berharap inovasi itu dan kerja sama dengan platform digital bisa mengantarkan BNI sebagai solusi pembiayaan bagi UMKM di tengah kondisi pandemi. Apalagi, bank berlogo 46 ini memiliki jatah penyaluran KUR sepanjang 2021 sebesar Rp 32 triliun.

Selanjutnya: Bos BI mengajak para pejabat dan masyarakat berbelanja produk UMKM

 

Editor: Tendi Mahadi
Tag
Terbaru