kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OVO mendukung sistem pembayaran jalan tol berbasis MLFF


Selasa, 02 Februari 2021 / 10:10 WIB
OVO mendukung sistem pembayaran jalan tol berbasis MLFF

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan sistem nirsentuh multi lane free flow (MLFF) untuk pembayaran jalan tol diterapkan secara bertahap pada tahun depan. MLFF sendiri merupakan transaksi pembayaran jalan tol dengan teknologi nirsentuh yang memungkinkan kendaraan tidak perlu berhenti ketika membayar tarif di gerbang tol.

Rencananya, implementasi sistem tersebut dilakukan dengan beberapa alternatif. Salah satunya dengan menggunakan financial technology (fintech) dalam negeri seperti LinkAja, GoPay, DANA, dan OVO. Perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran OVO, LinkAja, GoPay, dan DANA pun bersiap menerapkan sistem pembayaran berbasis MLFF ini.

Head of Corporate Communications OVO Harumi Sumpit mengaku sangat mendukung rencana tersebut demi menghadirkan layanan pembayaran di Indonesia yang lebih maju dan komprehensif. Pihaknya melihat sistem pembayaran di Indonesia terus berkembang dengan pesat mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya ialah transaksi nirsentuh berbasis MLFF ini yang rencananya akan diterapkan di gerbang tol.

Baca Juga: E-commerce bersaing salurkan pembiayaan produktif

Selain itu, penerapan teknologi itu juga menjadi peluang bagi fintech pembayaran untuk berkolaborasi dengan pemerintah.

“Hal ini sejalan dengan target kami untuk menjadi aset strategis nasional, membantu dan mendorong seluruh inisiatif pemerintah terutama dari segi layanan finansial maupun pembayaran. Bila teknologi ini diterapkan, pengguna OVO tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol. Otomatis, proses transaksi akan semakin mudah dan cepat, serta mampu memotong antrian yang panjang,” ujar Harumi kepada kontan.co.id, Senin (1/2).

Menurutnya, selain menghemat waktu, sistem ini juga akan mempermudah masyarakat melalui pembayaran yang lebih cepat dan praktis. Para pengguna jalan tol tidak perlu lagi repot mengisi saldo kartu e-money mereka setiap saat, melainkan dapat dengan mudah memanfaatkan platform e-money di ponsel mereka.

"Mengenai biaya, pihak BPJT sendiri telah memastikan bahwa tarif tol tidak berubah meski saat sistem transaksi MLFF diterapkan," katanya.



TERBARU

×