Global

Orang kepercayaan Warren Buffett sebut bitcoin mata uang bagi penculik dan pemeras

Selasa, 04 Mei 2021 | 05:50 WIB Sumber: Yahoo Finance
Orang kepercayaan Warren Buffett sebut bitcoin mata uang bagi penculik dan pemeras


KONTAN.CO.ID - LOS ANGELES. CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett dan orang kepercayaannya Charlie Munger, sekali lagi mencela bitcoin pada pertemuan tahunan pemegang saham pada hari Sabtu (1/5/2021).

"Saya tahu akan ada pertanyaan tentang bitcoin. Saya berpikir, 'Saya telah melihat para politisi ini menghindari pertanyaan sepanjang waktu, Anda tahu, saya merasa hal ini agak menjijikkan, tetapi mereka melakukannya.' Tapi sebenarnya saya akan menghindari pertanyaan itu karena kita mungkin mendapati ratusan ribu orang menonton yang memiliki bitcoin itu sendiri, dan kita mungkin memiliki dua orang yang tidak memilikinya. Jadi kita punya pilihan untuk membuat 400.000 orang marah pada kita dan tidak bahagia, dan, atau membuat dua orang bahagia, dan itu hanya persamaan bodoh," papar Buffett.

Yahoo Finance memberitakan, hal senada juga diungkapkan oleh orang kepercayaan Buffett, Charlie Munger. Dia mengatakan bahwa membawa bitcoin seperti "mengibarkan bendera merah pada banteng."

"Tentu saja, saya benci kesuksesan bitcoin dan saya tidak menyambut mata uang yang berguna bagi penculik dan pemeras, dan sebagainya," kata pria berusia 97 tahun itu. 

Baca Juga: Berkshire Hathaway bukukan kenaikan pendapatan pada kuartal I 2021

Dia menambahkan, "Saya juga tidak suka memberikan miliaran dolar tambahan dan miliaran dolar kepada seseorang yang baru saja menemukan produk keuangan baru begitu saja. Jadi, saya rasa saya harus mengatakan dengan rendah hati bahwa saya pikir seluruh perkembangan itu menjijikkan dan bertentangan terhadap kepentingan peradaban. Dan saya akan menyerahkan kritik kepada orang lain."

Harga Bitcoin diperdagangkan di level US$ 57.800 pada saat artikel ini dipublikasikan oleh Yahoo Finance.

Baca Juga: Warren Buffett ungkap penyesalan terbarunya di sejumlah investasi Berkshire

Ini bukan pertama kalinya pasangan investor miliarder mengkritik cryptocurrency. Pada pertemuan tahunan 2018, Buffett menyebut bitcoin "racun tikus kuadrat". Sementara, Munger menyebutnya "kotoran". Pada saat itu, cryptocurrency bernilai sekitar US$ 9.800.

“Saya pikir setiap kali Anda membeli aset nonproduktif, Anda mengandalkan orang lain, kemudian, untuk membeli aset nonproduktif, karena mereka pikir mereka dapat menjual kepada seseorang untuk mendapatkan lebih banyak uang,” kata Buffett pada pertemuan tahun 2018. “Itu sudah pasti akan berakhir dengan buruk.”

Munger menambahkan, “Saya pikir orang-orang yang merupakan pedagang profesional yang akan berdagang cryptocurrency, itu menjijikkan. Ini seperti orang lain memperdagangkan kotoran dan Anda memutuskan saya tidak boleh ketinggalan."

 

Selanjutnya: Buffet Mengkritik Robinhood telah Mengubah Suasana Bursa Menjadi Kasino

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru