Global

Opsi ini disiapkan tim Joe Biden bila Trump terus tunda transisi kekuasaan

Rabu, 11 November 2020 | 05:56 WIB Sumber: CBSNews
Opsi ini disiapkan tim Joe Biden bila Trump terus tunda transisi kekuasaan

ILUSTRASI. Tim Biden pertimbangkan langkah hukum jika pemerintahan Trump terus menunda transisi


KONTAN.CO.ID -   WASHINGTON. Tim transisi Biden-Harris sedang mempertimbangkan mengambil tindakan hukum jika kepala agen federal yang mengawasi mekanisme transfer kekuasaan tidak bergerak dalam beberapa hari mendatang untuk membebaskan pendanaan dan akses ke agensi.

"Kami percaya bahwa waktunya telah tiba bagi administrator GSA untuk segera memastikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai presiden terpilih dan wakil presiden terpilih," kata seorang pejabat transisi Biden-Harris yang tidak disebutkan identitasnya pada Senin malam pada konferensi telepon dengan wartawan seperti dilansir CBS News, Selasa (10/1).

Ketika ditanya apakah tim transisi mungkin akan mempertimbangkan tindakan hukum untuk mempercepat mekanisme transisi, pejabat tersebut menjawab: "Ada sejumlah opsi di atas meja, tindakan hukum tentu saja dimungkinkan, tetapi ada opsi lain juga bahwa kami sedang mempertimbangkan, "

Baca Juga: Trump membuat transisi kepresidenan menjadi keributan

Administrasi Layanan Umum (GSA) bertanggung jawab untuk mengawasi transisi kepresidenan, termasuk akses ke ruang kantor Washington untuk kandidat pemenang serta akses mudah ke semua agen federal sehingga "tim peninjau" yang dipekerjakan oleh kandidat pemenang dapat mulai mengunjungi agensi untuk bertemu dengan pejabat karir dan menentukan potensi perubahan kebijakan yang perlu dilakukan.

Kantor transisi Biden-Harris telah beroperasi sejak akhir musim panas sesuai dengan undang-undang federal yang mengatur bagaimana transisi kekuasaan yang mulus dan damai harus terjadi.

Secara hukum, Administrator GSA Emily Murphy, seorang pejabat administrasi Trump, memegang peran penting meskipun jarang dibahas: Terserah dia untuk menandatangani dokumen penyerahan jutaan dolar dan akses ke ruang kantor dan peralatan untuk memulai tahap transisi terakhir.

Baca Juga: Pasca pecat Menhan AS, Trump diduga akan pecat penasihat kesehatan Gedung Putih

Intinya, ini berfungsi sebagai pengakuan resmi pemerintah federal atas pemenang dalam pemilihan presiden.

Tapi sejauh ini, Murphy tidak bergeming.

Pada hari Minggu, agensi mengatakan bahwa posisinya belum berubah dan dia belum dapat memastikan pemenang pemilihan presiden.

Editor: Noverius Laoli


Terbaru