Global

Ogah keluar dari Gedung Putih, Trump tunggu putusan Electoral College

Jumat, 27 November 2020 | 11:25 WIB Sumber: Reuters
Ogah keluar dari Gedung Putih, Trump tunggu putusan Electoral College

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump masih enggal meninggal Gedung Putih. Trump pun menyebut, baru akan keluar dari Gedung Putih jika badan Electoral College menetapkan Presiden terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden.

Presiden asal Partai Republik ini mengatakan, jika Biden disertifikasi sebagai pemenang pemilihan oleh Electoral College, dia akan meninggalkan Gedung Putih. Biden akan dilantik pada 20 Januari.

Rencananya, badan Electoral College akan bertemu pada 14 Desember.

Trump membuat komentar di Gedung Putih setelah berbicara dengan pasukan AS selama pidato Hari Thanksgiving kepada anggota tentara AS.

Baca Juga: Rusia: Putin belum beri ucapan selamat, bukan berarti menolak kemenangan Biden

Lebih lanjut Trump juga mengungkapkan bahwa sulit baginya untuk menyerah dalam keadaan saat ini. Trump pun menolak untuk mengatakan apakan dia kan menghadiri pelantikan Biden di bulan Januari mendatang. 

Seperti diketahui, Biden memenangkan pemilihan presiden yang berlangsung 3 November dengan 306 suara Electoral College. Jumlah tersebut sudah lebih dari 270 suara yang merupakan ambang batas kemenangan, sedangkan Trump hanya memenangkan 232. 

Selain menang dalam perhitungan Electoral College, Biden juga memimpin Trump dengan lebih dari 6 juta suara dalam penghitungan suara populer.

Trump sejauh ini menolak untuk mengakui pemilihan dan terus mengklaim tanpa bukti bahwa pemilihan tersebut diwarnai oleh penipuan yang meluas. Trump juga terus menegaskan bahwa dia memenangkan pemilu dan bukan Biden

 

Selanjutnya: Jelang berakhir masa jabatan, Presiden Donald Trump pancing masalah di Timur Tengah

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru