kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Musim Dingin Mata Uang Kripto Telah Datang, Apa Maksudnya?


Rabu, 22 Juni 2022 / 04:05 WIB
Musim Dingin Mata Uang Kripto Telah Datang, Apa Maksudnya?

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Reputasi Bitcoin (BTC) sebagai lindung nilai terhadap inflasi telah hancur. 

Sebelumnya, para pemegang Bitcoin selalu menunjukkan bahwa karena mata uang fiat memiliki persediaan yang tidak terbatas, mereka tidak dapat berfungsi sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Akan tetapi, karena pasokan bitcoin terbatas, ia dapat bertindak sebagai lindung nilai. 

Melansir nasdaq.com, emas adalah satu-satunya aset yang telah menahan nilainya, secara bertahap bergerak lebih tinggi karena inflasi terus menghantui investor. Sementara harga bitcoin merosot di tengah kekhawatiran Wall Street tentang resesi yang membayangi.

Kejatuhan harga mata uang kripto ini yang kemudian disebut fenomena cryopto winter atau musim dingin kripto. 

Untuk mengakhiri musim dingin kripto saat ini, bitcoin akan membutuhkan katalis baru untuk membangun kembali reputasinya dan bergerak lebih tinggi. Di sisi lain, investor juga membutuhkan jaminan bahwa mata uang kripto itu bisa menjadi lindung nilai terhadap ketidakpastian. 

Baca Juga: Tren Bearish Bitcoin Belum Akan Berakhir

Musim dingin kripto telah datang

Mengutip Forbes, sejak krisis stablecoin awal Mei, semua mata tertuju pada Bitcoin (BTC). Pasalnya, bitcoin adalah penentu utama untuk pasar cryptocurrency.

Tapi bukan hanya Bitcoin yang merasakan tekanan ke bawah. Ethereum (ETH) dan altcoin terkemuka lainnya, seperti Cardano (ADA) dan Polygon (MATIC), semuanya turun lebih dari 60% tahun ini.

Sementara itu, bursa crypto besar seperti Coinbase dan Gemini mengumumkan pembekuan perekrutan dan PHK pada awal Juni. Saham Coinbase telah jatuh 86% dari level tertinggi 52 minggu, dan perusahaan telah mengumumkan rencana untuk memberhentikan sekitar 18% dari tenaga kerjanya karena pasar crypto bergabung dengan saham AS di pasar bearish.

Tyler dan Cameron Winklevoss, CEO dan presiden Gemini, mengumumkan dalam posting blog bulan Juni bahwa industri memasuki kontraksi yang mereka beri label “crypto winter”.

“Di sinilah kita sekarang, dalam fase kontraksi yang memasuki periode stasis—yang oleh industri kita disebut sebagai 'crypto winter'," demikian bunyi memo Winklevoss mengutip “kekacauan makroekonomi dan geopolitik saat ini” sebagai katalis dalam permasalahan tersebut.

Baca Juga: Elon Musk: Saya Siap Terus Membeli Dogecoin

Definisi crypto winter

Forbes memberitakan, istilah "crypto winter" kemungkinan berasal dari serial hit HBO, "Game of Thrones." Dalam pertunjukan itu, moto House of Stark adalah "Winter is coming." Itu dianggap sebagai peringatan bahwa konflik abadi bisa turun di tanah Westeros kapan saja.

Demikian pula, masalah yang berkepanjangan mungkin terjadi di pasar crypto. Selama masa sulit ini, investor harus tetap waspada dan bersiap menghadapi kekacauan yang melanda pasar tanpa banyak peringatan.

Mendefinisikan frasa secara lebih harfiah, musim dingin kripto adalah saat harga kripto terkontraksi dan tetap rendah untuk waktu yang lama. Analis percaya bahwa roda musim dingin kripto yang muncul telah bergerak lebih awal pada tahun 2022.

“Pasar crypto sudah merasakan efek dari peristiwa dunia, terutama konflik Rusia-Ukraina yang menyebabkan gejolak dalam keuangan global,” kata Igor Zakharov, CEO DBX Digital Ecosystem.

Zakharov mencatat bahwa inflasi yang tinggi telah mendorong kenaikan suku bunga di AS, yang merupakan pemain terbesar dalam crypto. 

“Pada saat TerraUSD dan Luna runtuh dan menggerakkan efek domino di dunia kripto, musim dingin kripto telah dimulai,” katanya.

Sejak November 2021, pasar crypto telah turun 60% —turun drastis dari US$ 3 triliun menjadi kurang dari US$ 1 triliun saat ini.

Baca Juga: Tren Bearish Bitcoin Diperkirakan Belum Akan Berakhir dalam Waktu Dekat

Awal mula musim dingin kripto 

Analis mengatakan bahwa musim dingin kripto biasanya dimulai ketika ada aksi jual tajam dari harga Bitcoin tertinggi sepanjang masa.

BTC mencapai level tertinggi 52 minggu di level US$ 68.990 pada November 2021 sebelum memulai penurunan yang panjang. Selama tujuh bulan terakhir, Bitcoin telah mengalami kerugian besar, turun hampir 70% dari November 2021 hingga pertengahan Juni. 

Ethereum, cryptocurrency terbesar kedua, telah turun 74% sejak puncaknya di bulan November, pada tulisan ini.

Para ahli mengatakan ekspektasi untuk pengetatan kebijakan moneter Federal Reserve memperburuk penurunan Juni, dan investor institusional mendorong penjualan.

Setiap investor yang membeli Bitcoin pada tahun lalu akan mengalami kerugian, karena harga kripto telah merosot tajam.

Sebelum musim dingin crypto terakhir, Bitcoin telah mencapai level tertinggi hampir US$ 19.500 pada tahun 2017 sebelum jatuh ke kisaran US$ 3.300 pada tahun 2018 atau anjlok 83%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×