Multistrada (MASA) yakin pasar ban pada semester II bakal lebih menggelinding

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 06:45 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Multistrada (MASA) yakin pasar ban pada semester II bakal lebih menggelinding


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Multistrada Arah Sarana, Tbk (MASA) mencatatkan pertumbuhan penjualan bersih yang signifikan selama kuartal pertama 2021 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pendapatan bersih perusahaan pada kuartal pertama 2021 mengalami kenaikan sebesar 84% dari US$ 59,8 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya menjadi US$ 110,1 juta.

Presiden Direktur PT. Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) Steven Vette menyampaikan performa positif ini merupakan hasil dari strategi penetapan harga yang lebih baik, efisiensi-efisiensi biaya, serta penambahan lini produk baru yaitu Uniroyal dan BFGoodrich.

“Hasil kinerja kuartal pertama ini merupakan sinyal yang cukup baik bagi keseluruhan kinerja perusahaan sepanjang 2021. Peningkatan ini seiring dengan penambahan produksi dan penjualan ban mobil merek Uniroyal dan BFGoodrich yang ditujukan untuk pasar ekspor. Kami optimis kinerja tahun ini akan jauh lebih baik dibanding 2020,” kata Steven dalam paparan publik yang berlangsung virtual, Jumat (27/8).

Baca Juga: Kinerja Panca Mitra Multiperdana (PMMP) bertumbuh di semester I tahun ini

Sebagai catatan, pada kuartal I 2021 penjualan ekspor menyumbang pendapatan tertinggi yaitu sebesar US$88,20 juta atau meningkat signifikan dari periode yang sama tahun lalu 112,83%. Diikuti penjualan lokal yang menyumbang US$ 21,89 juta atau meningkat 42,60%.

Hingga Maret 2021, pertumbuhan penjualan dan mobil penumpang tercatat naik sebesar 52%. Kenaikan volume penjualan tersebut disebabkan oleh penambahan lini produk dan dua digit pertumbuhan penjualan di pasar Amerika serta pasar domestik yang tumbuh sebesar 13,4%.

Kenaikan yang sama juga dialami pada penjualan ban roda dua. Perusahaan mencatat hingga kuartal pertama tahun ini penjualan ban roda dua sebesar 1,4 juta unit, atau mengalami kenaikan sebesar 11,4% dibanding periode yang sama tahun lalu. Kontribusi kenaikan penjualan terbesar untuk ban motor berasal dari pasar domestik.

Adapun pencapaian laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar US$ 24,73 juta dari US$ 1,37 juta pada periode yang sama tahun 2020.

Baca Juga: Intiland Development (DILD) gelar topping off kedua apartemen Fifty Seven Promenade

Steven menambahkan, pasar domestik akan tetap menjadi perhatian utama MASA. Namun, sejalan dengan strategi perusahaan, penjualan untuk ekspor akan terus ditingkatkan dan mendominasi kinerja perusahaan.

Lebih dari 80% penjualan bersih MASA pada kuartal I 2021 berasal dari ekspor, sedangkan 20% merupakan penjualan untuk pasar domestik. Amerika Serikat menjadi pasar ekspor terbesar Multistrada yakni 71%, disusul pasar domestik sebesar 20% dan Asia sekitar 6%.

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru