kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multifinance Optimistis Penyaluran Pembiayaan Bakal Meningkat pada Ramadan


Jumat, 01 April 2022 / 08:15 WIB
Multifinance Optimistis Penyaluran Pembiayaan Bakal Meningkat pada Ramadan

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki bulan Ramadhan, perusahaan multifinance sudah mulai ancang-ancang untuk mencari berkah di momen tersebut. Maklum, pemerintah sedikit melonggarkan pembatasan di Ramadhan tahun ini setelah dua tahun terakhir cukup memberikan pengetatan.

Jika dilihat kinerjanya, OJK mencatat piutang pembiayaan dari industri multifinance telah tumbuh 2,76% yoy di Februari 2022 menjadi Rp 372 triliun. Adapun, momen Ramadhan dinilai bisa mendongkrak agar tren pertumbuhan tersebut masih terus berlanjut.

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia Suwandi Wiratno pun mengungkapkan bahwa dengan pelonggaran di masa Ramadhan termasuk diperbolehkannya mudik, akan menambah mobilitas masyarakat dalam hal ini bisa meningkatkan kebutuhan akan kendaraan.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa momentum Ramadhan juga sejalan dengan kemampuan beli masyarakat yang saat ini juga sudah mulai pulih dari tekanan pandemi Covid-19. “Mudah-mudahan dengan buying power orang yang naik, pendapatannya naik, ini bisa menjadi momentum orang bergeliat kembali mengganti kendaraannya,” ujar Suwandi.

Baca Juga: Kegiatan Usahanya Dibekukan, Danasupra Erapacific (DEFI) Berupaya Penuhi Kewajiban

Mandiri Utama Finance (MUF) menjadi salah satu perusahaan multifinance yang telah bersiap mencari cuan di masa Ramadhan tahun ini. Perusahaan menargetkan bisa menyalurkan kredit di momen ini mencapai Rp 1,5 triliun. “Kami memperkirakan peningkatan 20-30% dibanding bulan sebelumnya,” ujar Direktur Utama MUF Stanley Setia Atmadja.

Meskipun dibukanya mudik 2022 akan meningkatkan minat masyarakat, Stanley pun menyadari bahwa momen tersebut bisa terhambat karena insentif PPnBM berakhir di kuartal 1. Namun, ia optimistis dampak tersebut kecil karena kebutuhan mobil untuk mudik akan lebih besar.

Untuk mencapai target tersebut, MUF pun bersiap menarik pelanggan dengan menyediakan promo Berkah Ramadhan dengan bunga ringan mulai 2.38%. Ditambah, bonus perlindungan darurat 24 jam di jalan untuk membantu masyarakat jika terjadi kejadian tak terduga saat mudik.

Tak mau kalah, Clipan Finance juga telah menyiapkan promo khusus Ramadhan untuk mengundang minat konsumen. Adapun, untuk mobil baru ada promo bunga 2.5% untuk tenor 1 hingga 3 tahun, sementara untuk mobil bekas ada potongan angsuran hingga 30%.

Baca Juga: Adira Finance (ADF) Akan Bagikan Dividen Tunai Rp 607 Miliar

Bukan tanpa alasan, Clipan Finance juga menargetkan pertumbuhan pembiayaan di masa Ramadhan tahun ini. Perusahaan mengharapkan pembiayaan naik dari rata-rata Rp 500 miliar menjadi Rp 600 miliar di bulan April nanti.

“Meskipun, pembiayaan mobil bekas ada tantangan karena showroom kesulitan dapat unit untuk dijual sedangkan permintaan meningkat,” ujar Direktur Utama Clipan Finance Harjanto Tjitohardjojo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×