kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Muhyiddin Yassin mencari mosi percaya di Parlemen untuk membuktikan legitimasinya


Kamis, 05 Agustus 2021 / 00:10 WIB
Muhyiddin Yassin mencari mosi percaya di Parlemen untuk membuktikan legitimasinya

Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin menolak untuk mengundurkan diri pada Rabu setelah sekutu utamanya menarik dukungan untuknya, tetapi mengatakan dia akan mencari mosi percaya di Parlemen bulan depan untuk membuktikan legitimasinya untuk memerintah.

Tak lama setelah pertemuan dengan Raja Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah di istana, Muhyiddin mengatakan dalam siaran nasional bahwa dia telah diberitahu oleh raja bahwa delapan anggota parlemen dari partai kunci dalam aliansi yang berkuasa telah menarik dukungan untuknya.

Partai tersebut, Organisasi Nasional Melayu Bersatu (United Malays National Organization), adalah yang terbesar dalam aliansi dengan 38 anggota parlemen, tetapi terpecah dengan beberapa yang tidak mendukung perdana menteri. 

Presiden UMNO menyatakan bahwa Muhyiddin telah kehilangan hak untuk memerintah dengan penarikan dukungan dari beberapa anggota parlemen partai dan setelah seorang menteri UMNO mengundurkan diri.

Baca Juga: Politik Malaysia kian panas, menteri dari UMNO mundur dari Pemerintahan Muhyiddin

Muhyiddin mengatakan dia mengatakan kepada raja bahwa dia telah menerima pernyataan dukungan yang cukup dari anggota parlemen yang “meyakinkan saya bahwa saya masih memiliki dukungan mayoritas” di Parlemen. "Oleh karena itu, masalah pengunduran diri saya ... tidak muncul," katanya.

Muhyiddin mengambil alih kekuasaan pada Maret 2020 setelah memprakarsai runtuhnya mantan pemerintah reformis yang memenangkan pemilu 2018. Partainya bergandengan tangan dengan UMNO dan beberapa lainnya untuk membentuk pemerintahan baru tetapi dengan mayoritas tipis.

Namun sejak Januari dia telah memerintah dengan ordonansi tanpa persetujuan legislatif berkat penangguhan Parlemen dalam keadaan darurat yang dinyatakan karena pandemi. Kritikus mengatakan dia menggunakan keadaan darurat, yang berakhir 1 Agustus, untuk menghindari pemungutan suara di Parlemen yang akan menunjukkan dia telah kehilangan mayoritas dukungan.

Karena pertanyaan terus-menerus atas legitimasinya, Muhyiddin mengatakan bahwa mosi percaya dalam kepemimpinannya akan diajukan untuk pemungutan suara ketika Parlemen dilanjutkan bulan depan. "Dengan cara ini, posisi saya sebagai perdana menteri dan Aliansi Nasional sebagai pemerintah yang berkuasa dapat ditentukan sesuai dengan hukum dan konstitusi," katanya.

Selanjutnya: Berunjuk rasa di gedung parlemen, kubu oposisi Malaysia minta Muhyiddin segera mundur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×