kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Muhyiddin reshuffle kabinet, perkuat persatuan partai politik di Malaysia


Rabu, 07 Juli 2021 / 23:15 WIB
Muhyiddin reshuffle kabinet, perkuat persatuan partai politik di Malaysia

Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Ismail Sabri Yaakob ditunjuk sebagai wakil perdana menteri Malaysia, sementara Hishammuddin Hussein sekarang menjadi menteri senior. Ini reshuffle kabinet pertama oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

Meski begitu, keduanya tetap menjabat menteri pertahanan dan menteri luar negeri. Sebagai menteri senior, Hishammuddin akan mengambil alih Gugus Keamanan yang sebelumnya dipimpin Ismail Sabri.

Melansir Channel News Asia, dalam keterangan Rabu (7/7), Kantor Perdana Menteri Malaysia mengatakan, penunjukan itu akan meningkatkan kemampuan Perikatan Nasional (PN) dalam menghadapi pandemi COVID-19, dan memperkuat persatuan di antara partai-partai politik yang membentuk pemerintahan.

Tentang peran baru Ismail Sabri, Kantor Perdana Menteri Malaysia menyatakan: "Penunjukan ini bisa membantu perdana menteri dalam mengelola pemerintahan dan memenuhi kebutuhan rakyat di negara yang saat ini menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi".

Baca Juga: Warga Malaysia kibarkan bendera putih untuk meminta bantuan saat kebijakan lockdown

Hishammuddin akan membantu Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dalam melaksanakan Rencana Pemulihan Nasional, Kantor Perdana Menteri Malaysia menambahkan.

Ini adalah perombakan kabinet pertama sejak Pemerintahan PN mengambil alih kekuasaan pada akhir Februari tahun lalu, menyusul perebutan kekuasaan.

Ismail Sabri sebelumnya adalah salah satu dari empat menteri senior di kabinet yang dipimpin oleh Muhyiddin. Dia telah memainkan peran penting dalam respons Malaysia terhadap COVID-19, yang bertugas mengomunikasikan berbagai pembatasan.

Baik Ismail Sabri maupun Hishammuddin adalah politisi dari Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO). 

Ismail Sabri ialah salah satu dari tiga wakil presiden partai. Sedang Hishammuddin tidak memegang posisi di dewan tertinggi partai saat ini.

Selanjutnya: Malaysia to ease coronavirus lockdowns in five states next week

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×