kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Modal Rakyat salurkan pendanaan Rp 2 triliun hingga Agustus


Rabu, 01 September 2021 / 04:45 WIB
Modal Rakyat salurkan pendanaan Rp 2 triliun hingga Agustus

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) telah berhasil menyalurkan pendanaan lebih dari Rp 2 triliun per Agustus 2021. Kini Modal Rakyat telah mengajak 12,605 pendana individu, 22 pendana institusi, dan 14 mitra strategis untuk bersinergi mendukung inklusi keuangan Indonesia. Tidak hanya itu, Modal Rakyat telah menyalurkan pembiayaan untuk 8.811 peminjam, yang terdiri dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

Dari sisi demografis, peminjam Modal Rakyat 78% berada di pulau Jawa dan 22% berada di luar Pulau Jawa. Sedangkan dari sisi pendana 75% pendana berasal dari pulau Jawa dan 25% pendana berasal dari luar pulau Jawa. Sedangkan dari sisi sektor pembiayaan, terdapat tiga sektor penyaluran pembiayaan terbesar yaitu sektor jasa akuntansi dan  keuangan, sektor teknologi informasi, dan sektor perdagangan. 

Hingga saat ini Modal Rakyat masih terus berupaya memperluas pembiayaan, terutama pembiayaan bagi pelaku UMKM di luar pulau Jawa. Tidak hanya itu, kolaborasi dan kerja sama dengan perbankan, bank perkreditan rakyat, hingga ekosistem startup di Indonesia juga menjadi langkah strategis bagi perusahaan dalam mewujudkan visi untuk “memberikan kontribusi inklusi keuangan dan ekonomi secara nasional”. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, para pendana institusi, dan segenap mitra strategis yang telah turut berkontribusi bagi perkembangan Modal Rakyat. Pencapaian penyaluran Rp 2 triliun ini tentu akan semakin memotivasi agar ke depan Modal Rakyat terus berkembang. Tentunya  tidak hanya dari sisi nominal penyaluran pembiayaan, tetapi juga memperluas kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar inklusi keuangan dapat sungguh terbangun,” ungkap Hendoko Kwik, Selasa (31/8). 

Baca Juga: Penjaminan kredit modal kerja Jamkrindo mencapai Rp 19,7 triliun

Hendoko menjelaskan, walaupun masih di tengah situasi pandemi, selama semester satu tahun 2021 Modal Rakyat tumbuh sekitar 15% per bulan. Pertumbuhan ini tentu menunjukkan optimisme, baik dari sisi perusahaan maupun industri fintech lending yang dapat terus berkembang di tengah situasi ini. 

Selain itu, pada tahun ini Modal Rakyat juga telah resmi membuka kantor cabang di Surabaya guna menjembatani para pelaku UMKM yang membutuhkan dukungan pembiayaan untuk mengembangkan bisnisnya. Adapun jenis-jenis pembiayaan yang tersedia di Modal Rakyat hingga saat ini, yakni, Modal Mikro, Modal UKM, dan Modal Multiguna. 

Modal Mikro sebagai pinjaman berbasis agen adalah pinjaman yang penyaluran kreditnya dibantu oleh agen-agen lapangan (umumnya bisa di warung kelontong dan pedagang pulsa. Dalam mengembangkan Modal Mikro, sejak 2018 Modal Rakyat bekerja sama dengan Payfazz yang telah memiliki ekosistem lebih dari 4,5 juta agen pulsa/toko kelontong di berbagai daerah. Pada modal mikro, sebanyak 4.557 agen/ pemilik toko kelontong telah memperoleh pembiayaan dari Modal Rakyat. 

Pada Modal UKM, Modal Rakyat menyediakan dua jenis pinjaman yakni pinjaman pembiayaan piutang dan Pinjaman Usaha (Modal Cicil) dengan penyaluran per pinjaman Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Pinjaman pembiayaan piutang (Invoice Financing) ditujukan untuk pengusaha yang telah menjalankan usahanya dan memiliki piutang dari Payor (yang memiliki obligasi untuk membayar).

Piutang yang dimiliki oleh para UMKM akan dijadikan underlying atau dasar pembiayaan oleh Modal Rakyat. Sedangkan pinjaman usaha biasa ditujukan untuk para Peminjam yang ingin menggunakan dananya untuk keperluan pengembangan usaha atau belanja modal. Peminjam dapat mengakses Modal Rakyat dan mengajukan pinjaman.

Baca Juga: Opsi pembayaran via OVO tersedia di 242 gerai McDonald’s

Skema pengembalian umumnya dilakukan dengan skema angsuran pro-rata produk dengan bunga setiap bulan selama setahun. Pada 2021 ini, Modal Rakyat telah menyalurkan pembiayaan Rp 1,041 triliun untuk jenis Modal UKM. 

Jenis pembiayaan yang ketiga yakni pembiayaan multiguna, dimana pembiayaan ini memfasilitasi individu yang memerlukan pinjaman untuk kesehatan maupun kebutuhan sehari-hari. Pada pembiayaan ini, Modal Rakyat membuka peluang pembiayaan sebesar Rp 7 juta hingga Rp 10 juta per pinjaman dengan durasi pinjaman hingga 6 bulan. Modal Rakyat bermitra dengan perusahaan startup kesehatan dan teknolog yang telah memiliki ekosistem konsumen/ pelanggan, sehingga proses mitigasi risiko dapat lebih terukur. 

Selain memberikan beberapa pilihan jenis pembiayaan bagi peminjam. Pendana juga dapat mengakses aplikasi Pendana Modal Rakyat, baik di Google Play, App Store, dan Huawei App Gallery. Pengembangan aplikasi pendana dimulai sejak 2019 dan kini telah didownload oleh 100.000 pengguna.

Selanjutnya: OJK: Pandemi jadi momentum transformasi digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×