kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitra Keluarga (MIKA) Masih Fokus Menambah Rumah Sakit di Jawa


Kamis, 30 Desember 2021 / 07:30 WIB
Mitra Keluarga (MIKA) Masih Fokus Menambah Rumah Sakit di Jawa

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten rumah sakit, PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) menyatakan jika pihaknya masih terus akan mengembangkan rumah sakit di Pulau Jawa alih-alih di Bali.

Head of Investor Relation Mitra Keluarga Aditya Widjaja menjelaskan pihaknya masih melihat secara potensi pengembangan RS di Jawa juga masih sangat besar. "Potensi pengembangan rumah sakit di Pulau Jawa masih sangat besar, walau Bali pun juga memiliki peluang dan pasar yang juga besar," tuturnya saat dihubungi Kontan, Rabu (29/12).

MIKA sendiri mengatakan belum tergerak untuk mengikuti langkah BUMN rumah sakit yang resmi melakukan pengembangan wisata kesehatan melalui pembangunan RS Internasional Bali. Dengan adanya rumah sakit tersebut, diharapkan warga negara Indonesia (WNI) tak akan lagi berobat ke luar negeri.

Selain itu, pembangunan tersebut juga bertujuan untuk mempunyai pariwisata baru dan pariwisata kesehatan dan diharapkan bisa mendukung pelayanan kesehatan bagi para investor yang pekerja atau profesionalnya berada di Indonesia.

Baca Juga: Varian Covid-19 Omicron Mengancam, Saham Emiten RS Mana yang Layak Jadi Incaran?

Aditya melanjutkan, alasan pihaknya tetap fokus pada pengembangan rumah sakit di Pulau Jawa adalah karena ketersediaan dokter terutama spesialis, yang masih terbatas dan distribusinya juga belum merata di beberapa daerah.

"Menurut kami, secara peluang dan pasar, Indonesia tidak terkecuali Bali masih sangat besar, namun memang kendalanya menurut kami lebih kepada ketersediaan dokter terutama spesialis yang masih terbatas dan distribusinya juga belum merata di beberapa daerah," tuturnya.

Ke depannya, ekspansi melalui pembangunan RS baru dan juga akuisisi masih menjadi strategi utama MIKA untuk pengembangan bisnis. Sementara itu, untuk lokasi pengembangan pihaknya masih belum bisa menyampaikannya saat ini. "Namun pastinya, kami akan masih berfokus di Pulau Jawa tahun depan," ujarnya.

 

Sebagai catatan, per September 2021 Mitra Keluarga tengah mengoperasikan 26 rumah sakit yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Tegal, dan Surabaya.

Dari total 26 rumah sakit Mitra Keluarga yang beroperasi, sebanyak 17 rumah sakit berasal dari jaringan bisnis Mitra Keluarga, sementara sembilan sisanya merupakan rumah sakit Grup Kasih. Sekarang, total kapasitas tempat tidur kelolaan Mitra Keluarga mencapai 3.885, di mana 3.247 di antaranya adalah tempat tidur operasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×