kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA) Buka Tiga Rumah Sakit Baru Tahun Ini


Rabu, 18 Mei 2022 / 08:00 WIB
Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA) Buka Tiga Rumah Sakit Baru Tahun Ini

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengelola rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) berencana membuka tiga jaringan rumah sakit (RS) baru tahun ini. Manajemen bilang, ketiga RS tersebut akan terealisasi pada kuartal ketiga dan kuartal keempat mendatang. 

Head of Investor Relations PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk Aditya Widjaja menyampaikan, ketiga RS itu berlokasi di Deltamas, Pamulang, dan juga Slawi. 

Mengutip pemberitaan sebelumnya, secara lebih detail disampaikan bahwa MIKA akan membuka rumah sakit ke-27, 28 dan 29 sepanjang tahun 2022 dan 2023. Masing-masing akan dibuka pada bulan Juli, November 2022 dan Januari 2023. 

Baca Juga: Gencar Ekspansi, Simak Strategi Mitra Keluarga (MIKA) di Tahun Ini

Selain itu, Aditya menyebut bahwa pada semester kedua tahun 2022 ini, MIKA juga akan melakukan ground breaking dua hingga tiga RS lagi, untuk dibuka tahun 2023 nanti.

Untuk memuluskan agenda ekspansi tersebut, perusahaan ini menyiapkan dana capex sekitar Rp 750 miliar. Di mana hingga kuartal pertama ini, dana capex tersebut sudah terserap sebesar Rp 93 miliar dari total capex yang dianggarkan. 

"Untuk anggaran capex tahun 2022 ini kami anggarkan sekitar Rp 750 miliar, sebagian besar untuk pembangunan tiga RS tersebut, pembelian tanah dan juga fasilitas radiotherapy di salah satu RS kami di Bekasi Timur," ungkap Aditya, kepada Kontan.co.id, hari ini. 

Asal tahu saja, sejauh ini MIKA sudah mengoperasikan 26 rumah sakit. Sebanyak 16 rumah sakit terletak di di wilayah Jabodetabek, lima rumah sakit di Jawa Barat, empat rumah sakit di Surabaya (Jawa Timur), dan satu di Tegal (Jawa Tengah).

 

Aditya menuturkan, di sepanjang tahun ini, MIKA berfokus untuk  meningkatkan kompleksitas layanan RS dengan penambahan subspesialis dan juga optimalisasi, serta penambahan center of excellence yang ada di masing-masing RS yang dikelola.

"Selain itu kami juga memiliki 5 sampai dengan 6 RS yang relatif baru dan masih dalam tahap pertumbuhan yang cukup pesat (high growth driver)," tambah dia. 

Hingga kuartal I-2022, MIKA tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp 1,09 triliun dengan laba bersih Rp 269,36 miliar. Aditya bilang, pencapaian di kuartal pertama ini masih sejalan dengan ekspektasi perusahaan. Pihaknya sudah memperkirakan dampak penurunan seiring dengan kondisi Covid-19 di 2022 ini. 

"Sehingga untuk mencapai target pendapatan tumbuh sebesar 1%-5% dibandingkan tahun 2021 sejauh ini masih relevan dengan pencapaian di kuartal I-2022," tutup dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×