kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Militer China kirim pesan ke Washington saat gelar latihan kapal induk dekat Taiwan


Sabtu, 17 April 2021 / 07:25 WIB
Militer China kirim pesan ke Washington saat gelar latihan kapal induk dekat Taiwan

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Latihan kapal induk China dan meningkatnya serangan ke zona pertahanan udara Taiwan dalam beberapa pekan terus bermaksud memberikan pesan ke Washington untuk mundur. Hal itu dikatakan sumber keamanan Taipei seperti dikutip Reuters, Jumat (16/4).

Peningkatan aktivitas militer China di dekat Taiwan ini menimbulkan kekhawatiran di Taipei maupun Washington. Kendati pejabat kedua negara memahami bahwa latihan itu bukan tanda bahwa China akan segera menyerang.

Namun seorang pejabat yang mengetahui perencanaan keamanan Taiwan mengatakan, dari beberapa latihan perang, militer China mempraktikkan manuver penolakan akses untuk mencegah masuknya pasukan asing ke pertahanan Taipei saat perang terjadi.

"China mengklaim bahwa latihan itu berada di dekat Taiwan, tetapi menilai dari lokasinya, itu sebenarnya dimaksudkan untuk militer AS," kata pejabat di Taiwan yang berbicara dengan syarat anonim.

Baca Juga: China punya ribuan pasukan rahasia untuk kendalikan Laut China Selatan

Ketika China berlayar dengan kelompok kapal induk di dekat Taiwan pekan lalu, angkatan udaranya mensimulasikan serangan terhadap kapal-kapal Amerika Serikat (AS), meskipun tidak ada kapal Angkatan Laut AS yang diketahui berada di daerah itu pada saat itu, kata sumber itu.

Angkatan Laut AS telah melakukan transit reguler di Selat Taiwan, yang memisahkan pulau itu dari China.

Satu sumber keamanan Barat mengatakan penerbangan hampir setiap hari oleh pesawat anti-kapal selam China di bagian paling utara Laut China Selatan mungkin merupakan tanggapan terhadap misi AS di sana, termasuk dengan kapal selam, atau untuk menunjukkan kepada Pentagon bahwa China dapat memburu kapal selam AS. 

"Mereka tidak mengejar kapal selam Taiwan," kata sumber itu, menunjuk ke empat armada kecil Taiwan, dua di antaranya berasal dari Perang Dunia Kedua.

Angkatan Laut AS tidak memberikan perincian tentang patroli kapal selam apa pun di dekat Taiwan atau di Laut China Selatan.

Baca Juga: Kapal induk China ketiga mulai dibangun, seperti ini kemampuannya

Presiden AS Joe Biden telah mempertahankan sikap keras terhadap China yang diwarisi dari pemerintahan Trump.

Itu termasuk dukungan yang lebih nyata untuk Taiwan, membuat marah China, yang menganggap pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya dan melihat Washington memberikan bantuan kepada orang Taiwan yang mencari kemerdekaan, garis merah untuk Beijing.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×