kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Metropolitan Land (MTLA) Optimistis Bisnis Hotel Tahun 2023 Tumbuh Positif


Rabu, 04 Oktober 2023 / 07:00 WIB
Metropolitan Land (MTLA) Optimistis Bisnis Hotel Tahun 2023 Tumbuh Positif

Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) optimistis bisnis hotelnya dapat meraih pertumbuhan positif di sepanjang tahun ini.

Direktur Metropolitan Land Olivia Surodjo menuturkan bahwa MTLA cukup optimistis dengan bisnis hotel di tahun 2023. Hal ini seiring dengan sudah kembali normalnya kegiatan Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE) di portofolio hotel milik MTLA.

“Hotel di area pariswisata seperti Bali juga cukup baik dengan adanya peningkatan kunjungan dengan catatan tidak ada kejadian yang bisa mengganggu jalannya bisnis di perhotelan,” ungkap Olivia, kepada Kontan.co.id, pekan lalu.

Baca Juga: Begini Prospek Kinerja Metropolitan Land dan Rekomendasi Saham MTLA

Sebagai pengingat, MTLA memiliki enam proyek hotel berbintang, meliputi Metland Hotel Bekasi dan Metland Hotel Cirebon yang berbintang 3, Hotel Horison ultima Bekasi, Hotel Horison ultima Kertajati dan Hotel Horison Ultima Seminyak yang bintang 4, serta Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud di Bali untuk bintang 5.

Adapun, pendapatan hotel MTLA tercatat meningkat 27,55% year on year (YoY), dari semula Rp 50,34 miliar di semester I-2023, menjadi Rp 64,21 miliar di semester I-2023.

Pihaknya mengincar kenaikan pendapatan hotel selama tahun 2023 ini bisa meningkat sekitar 30% dibandingkan tahun sebelumnya.

 

“Alasan peningkatan target salah satunya karena sudah beroperasinya Horison Ume Suites & Villas, Ubud, Bali pada kuartal kedua tahun ini,” tuturnya.

Hingga saat ini okupansi hotel yang dimiliki MTLA rata-rata sekitar 50-80%. MTLA berharap sampai akhir tahun nanti rata-rata okupansi hotel dapat berada di level 75%.

Baca Juga: Simak Prospek Metropolitan Land (MTLA) Hingga Akhir Tahun 2023

MTLA menjalankan beberapa strategi bisnis untuk mencapai target pertumbuhan tersebut di tahun ini. Beberapa strategi itu di antaranya, menyiapkan program menarik untuk menggaet pasar MICE dari corporate/government seperti acara kementerian, pernikahan, wisuda, ulang tahun dan kegiatan lainnya.

Beberapa hotel MTLA yang menjalankan MICE seperti Hotel Horison Ultima Bekasi, Metland Hotel Bekasi, Metland Hotel Cirebon dan Hotel Horison Ultima Kertajati juga mulai mempersiapkan diri untuk menerima event dari partai politik seiring dengan adanya kegiatan pemilu di tahun depan.

Di tahun ini, MTLA menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) untuk pengembangan bisnis hotel sekitar Rp 83 miliar, dari total capex 2023 yang sebesar Rp 700 miliar.

“Hingga Agustus 2023 capex hotel sudah terserap kurang lebih sebesar 33% dari alokasi budget yang sebagian besar digunakan untuk penyelesaian Ume Ubud,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×