kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyesuaikan kebutuhan penanggulangan Covid-19, sejumlah APM memodifikasi mobil


Kamis, 18 Februari 2021 / 11:25 WIB
Menyesuaikan kebutuhan penanggulangan Covid-19, sejumlah APM memodifikasi mobil

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) lokal memodifikasi kendaraannya untuk menyesuaikan kebutuhan penanggulangan Covid-19. Ada yang dibuat menjadi mobil klinik ada juga yang dibuat menjadi ambulance. 

Astra Daihatsu Motor (ADM) memodifikasi mobil Gran Max menjadi mobil klinik dan informasi. Sesuai namanya, Daihatsu Gran Max yang telah dimodifikasi secara khusus menjadi mobil klinik bertujuan untuk tenaga medis dalam melakukan pemeriksaan kesehatan pada pasien, sekaligus memberikan informasi kesehatan yang penting untuk dilakukan, terutama saat pandemi. Mobil klinik ini dilengkapi beragam fasilitas, seperti kursi dokter dan pasien, wastafel, APAR, dan tabung oksigen. 

Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan Daihatsu merilis Mobil Klinik ini dalam mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi  pandemi Covid-19 di Indonesia. Saat ini Daihatsu telah mendonasikan total 4 mobil klinik  untuk pemerintah, di daerah Jakarta dan Jawa Barat. 

Baca Juga: Operasional industri otomotif disebut bisa terhenti jika penjualan tak kembali normal

"Sampai saat ini Mobil Klinik masih kita donasikan belum ada merencanakan penjualan unit ini ke rumah sakit secara khusus," jelasnya kepada Kontan.co.id, Rabu (17/2). 

Mengenai inovasi lainnya yang akan dilakukan Daihatsu, Amelia mengatakan ADM masih melihat kondisi dan situasi untuk menentukan bantuan apa yang akan diberikan, namun Daihatsu terus mendukung pemerintah untuk percepatan recovery ekonomi. 

Toyota Astra Motor (TAM) juga memodifikasi mobilnya untuk kepentingan medis. Anton Jimmy Suwandi, selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor menjelaskan sebelumnya Toyota telah menyediakan HiAce. Selain digunakan untuk angkutan orang seperti kendaraan tour dan travel, juga menjadi satu pilihan untuk dijadikan Ambulance. 

"Selain itu, kami juga meyediakan Ambulance yang dibangun dari basis Kijang Innova," jelasnya dihubungi terpisah. 



TERBARU

×