kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menuju Malacanang, Manny Pacquiao mendaftar sebagai calon Presiden Filipina


Jumat, 01 Oktober 2021 / 19:20 WIB
Menuju Malacanang, Manny Pacquiao mendaftar sebagai calon Presiden Filipina
Manny Pacquiao memperlihatkan sertifikat pencalonannya untuk bergabung dalam pemilihan presiden, di Pasay City, Metro Manila, Filipina, 1 Oktober 2021.

Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - MANILA. Mantan juara dunia tinju Manny Pacquiao resmi mendaftar sebagai calon Presiden Filipina. Pria yang akrab disapa PacMan ini menjadi orang pertama yang mengajukan pencalonan sebagai calon Presiden Filipina.

Tidak sendirian, Pacquiao datang untuk mengisi formulir pendaftaran bersama Wakil Ketua DPR Lito Atienza yang akan menjadi pasangannya. Tanpa pengumuman besar-besaran, Pacquiao datang ke Sofitel Harbor Garden Tent, Manila, untuk mendaftar.

"Prioritas saya adalah menyelesaikan pandemi sehingga kita bisa mendorong ekonomi menuju pemulihan," ungkap PacMan kepada para wartawan, seperti dikutip Reuters.

Manny Pacquiao mendaftar sebagai calon presiden Filipina

Baca Juga: Bisa jaga keseimbangan kekuatan, Filipina dukung aliansi AS, Inggris, dan Australia

Pacquiao mengaku tidak ambil pusing dengan hasil jajak pendapat yang menunjukkan ia hanya ada di peringkat keempat dalam daftar kandidat terfavorit. Menurutnya, jajak pendapat tersebut belum mencakup seluruh masyarakat, termasuk masyarakat miskin.

Pada Rabu (29/9), Pacquiao mengumumkan pensiun dari dunia tinju melalui halaman Facebook resminya. 

"Saya baru saja mendengar bel terakhir. Tinju sudah berakhir. Saya tidak pernah berpikir hari ini akan datang ketika saya gantung sarung tinju," kata Pacquiao.

Pacquiao memulai karier politiknya dengan gagal dalam pemilihan kongres pada 2007. Ia memenangkan kursi di majelis rendah kongres pada 2010, mewakili Provinsi Sarangani. Dia kini bekerja di kongres untuk periode yang kedua setelah terpilih kembali pada 2016.

Selain Pacquiao, dua pesaing lainnya telah menyatakan niat mereka untuk mencalonkan diri sebagai Presiden. Yakni, Wali Kota Manila Francisco "Isko Moreno" Domagoso dan Senator Panfilo Lacson. Keduanya diperkirakan akan segera menyusul Pacquiao dalam waktu dekat.

Baca Juga: Manny Pacquiao resmi pensiun dari ring tinju, fokus bertarung di gelanggang politik



TERBARU

×