kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri PUPR: Pengusaha Jalan Tol Harus Bijaksana dalam Membangun Infrastruktur


Selasa, 01 Februari 2022 / 06:15 WIB
Menteri PUPR: Pengusaha Jalan Tol Harus Bijaksana dalam Membangun Infrastruktur

Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pengusaha jalan tol harus lebih bijaksana dalam membangun infrastruktur.

Ada empat poin yang disampaikan oleh Basuki yakni terkait misi green economy, kualitas jalan tol, maintanance jalan tol, dan pemanfaatan Right of Way (ROW) serta manajemen rest area jalan tol.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara penandatanganan Perjanjian Pengusaha Jalan Tol (PPJT) dan Perjanjian Penjaminan Proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap serta perjanjian regres antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) (PII).

“Pembangunan Jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap melewati banyak daerah pegunungan. Saya ingatkan kembali supaya tetap menjaga kaidah-kaidah lingkungan hidup, salah satunya dengan menghindari memotong pohon yg tidak perlu dipotong,” ujar Basuki di Gedung Auditorium Kementerian Kementerian PUPR, Senin (31/1).

Baca Juga: Nusantara Infrastructure (META) Meneken Kontrak Kerjasama Konstruksi 3 Proyek

Basuki mencontohkan pembangunan bendungan Bintang Bano sebagai salah satu contoh pembangunan infrastruktur tanpa mengubah lebih banyak bentang alam di sekitarnya. Bendungan yang baru diresmikan awal tahun 2022 ini, disebut Basuki memiliki hutan yang masih terjaga dengan baik, sehingga diharapkan menjadi contoh dalam pembangunan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap dengan mengusung misi green economy.

Sebagai Informasi, Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya Cilacap memiliki total panjang 206,65 Km yang menjadikan jalan tol ini sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia, dengan nilai investasi sebesar Rp 56 Triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

Dalam pembangunannya, direncanakan terdapat 10 buah simpang susun dan 1 buah junction, yaitu Junction Gedebage yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Padaleunyi dan rencana Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road.  Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan dibangun dengan 2x2 lajur, yang lebar tiap lajurnya sebesar 3,6 m serta akan dibangun dengan desain struktur at grade sepanjang 175,27 km, struktur elevated sepanjang 22,26 km, serta pile slab sepanjang 9,12 km di daerah Gedebage.



TERBARU

×