kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri luar negeri AS Mike Pompeo akan bertemu negosiator dari Taliban di Qatar


Minggu, 22 November 2020 / 05:00 WIB
Menteri luar negeri AS Mike Pompeo akan bertemu negosiator dari Taliban di Qatar

Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - ABU DHABI. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan bertemu dengan negosiator dari Taliban dan pemerintah Afghanistan Sabtu waktu setempat di tengah tanda-tanda kemajuan dalam pembicaraan mereka karena Amerika Serikat mempercepat penarikan pasukannya.

Departemen Luar Negeri mengatakan Jumat malam bahwa Pompeo akan bertemu secara terpisah dengan pemerintah Afghanistan dan tim negosiasi Taliban di negara bagian Teluk Qatar.

Pompeo juga akan bertemu dengan penguasa Qatar, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, dan menteri luar negeri saat singgah di ibu kota Doha, markas diplomasi Taliban, kata Departemen Luar Negeri dalam jadwal publiknya. 

Awal pekan ini, Pentagon mengatakan akan segera menarik sekitar 2.000 tentara keluar dari Afghanistan, mempercepat jadwal yang ditetapkan dalam perjanjian Februari antara Washington dan Taliban yang membayangkan penarikan penuh AS pada pertengahan 2021.

Trump telah berulang kali berjanji untuk mengakhiri "perang selamanya," termasuk di Afghanistan, konflik terpanjang di Amerika yang dimulai dengan invasi untuk mengusir Taliban setelah serangan 11 September 2001.

Presiden terpilih Joe Biden, dalam titik kesepakatan yang jarang terjadi, juga menganjurkan untuk meredakan perang Afghanistan meskipun para analis percaya dia tidak akan terlalu terikat dengan jadwal yang cepat. Taliban untuk pertama kalinya berbicara kepada pemerintah Afghanistan.

Pembicaraan dimulai 12 September di Doha, tetapi tersendat karena ketidaksepakatan tentang agenda, kerangka dasar diskusi dan interpretasi agama.

Baca Juga: Makin mesra, AS dan Taiwan perkuat hubungan ekonomi untuk hadapi tekanan China

Beberapa sumber mengatakan kepada AFP pada hari Jumat bahwa kedua belah pihak tampaknya telah menyelesaikan beberapa masalah. Di antara poin-poin penting sejauh ini, Taliban dan pemerintah Afghanistan telah berjuang untuk menyepakati bahasa yang sama pada dua masalah utama.

Taliban bersikeras untuk mematuhi mazhab Hanafi dari yurisprudensi Islam Sunni, tetapi negosiator pemerintah mengatakan ini dapat digunakan untuk mendiskriminasi orang Hazara, yang sebagian besar adalah Syiah, dan minoritas lainnya.

Topik kontroversial lainnya adalah bagaimana kesepakatan AS-Taliban akan membentuk kesepakatan damai Afghanistan di masa depan dan bagaimana kesepakatan itu akan dirujuk.

Pembicaraan perdamaian Doha dibuka setelah Taliban dan Washington menandatangani kesepakatan pada Februari, dengan AS setuju untuk menarik semua pasukan asing dengan imbalan jaminan keamanan dan janji Taliban untuk memulai pembicaraan.

Terlepas dari pembicaraan tersebut, kekerasan telah melonjak di seluruh Afghanistan, dengan Taliban meningkatkan serangan harian terhadap pasukan keamanan Afghanistan.
Rencana Trump untuk memangkas pasukan pada 15 Januari telah dikritik oleh penduduk Kabul yang khawatir hal itu akan memberanikan Taliban untuk melancarkan gelombang pertempuran baru.

Warga sipil Afghanistan telah lama menanggung beban pertumpahan darah. Pejabat di Kabul juga khawatir hal itu akan memperkuat posisi Taliban di meja perundingan, di mana masa depan keuntungan yang diperoleh dengan susah payah termasuk hak-hak wanita dipertaruhkan.

Selanjutnya: Lagi, Donald Trump batasi akses 4 perusahaan China ke investor AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×