kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,52   -24,21   -2.61%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menepis Kabar Vladimir Putin Sakit, Kremlin: Itu Hanya Informasi Palsu


Jumat, 22 Juli 2022 / 11:58 WIB
Menepis Kabar Vladimir Putin Sakit, Kremlin: Itu Hanya Informasi Palsu
ILUSTRASI. Spekulasi mengenai masalah kesehatan Vladimir Putin terus berkembang. Sputnik/Alexey Nikolsky/Kremlin via REUTERS

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - LONDON. Rumor mengenai masalah kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin bukanlah hal yang baru. 

Bahasa tubuh, ucapan, dan gaya berjalan Vladimir Putin telah diteliti tanpa henti. 

Dan setiap kali Putin menghilang dari pandangan publik selama beberapa hari—atau bahkan membuat sedikit kesalahan langkah, seperti yang dia lakukan baru-baru ini setelah mendarat di Teheran— itu dapat memicu spekulasi intens tentang kesehatan fisiknya.

Kremlin telah bekerja keras untuk menciptakan aura di sekitar Vladimir Putin sebagai satu-satunya pemecah masalah di negara itu: Dia menyelenggarakan acara kunjungan tahunan di mana dia benar-benar berperan sebagai kepala negara utama.

Melansir Reuters, Kremlin mengatakan pada hari Kamis (21/7/2022) bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dalam keadaan sehat. Pernyataan ini sekaligus menepis apa yang disebutnya laporan palsu bahwa Vladimir Putin tidak sehat.

"Semuanya baik-baik saja dengan kesehatannya," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Dia menambahkan, "Anda tahu bahwa spesialis informasi Ukraina, Amerika dan Inggris, telah memberikan berbagai informasi palsu tentang keadaan kesehatan presiden dalam beberapa bulan terakhir - ini tidak lain hanyalah palsu." 

Baca Juga: Minta Anggota untuk Jalankan Rencana Darurat, Uni Eropa: Rusia Memeras Kami

Putin terbatuk-batuk saat tampil di depan umum pada hari Rabu, ketika kantor berita Interfax mengutipnya yang mengatakan bahwa dia terkena flu ringan selama kunjungan ke Iran pada hari sebelumnya.

"Kemarin di Teheran sangat panas, ditambah 38 (derajat Celcius), dan AC di sana sangat kuat. Jadi saya minta maaf," kata Putin, 69 tahun, seperti dikutip Reuters.

Pengawasan internasional terhadap kesehatannya telah meningkat selama beberapa bulan terakhir, termasuk ketika ia difoto untuk bertemu pejabat asing dan Rusia sambil duduk di ujung meja panjang yang berlawanan sebagai tindakan pencegahan terhadap COVID. Kadang-kadang dia juga tampak berjalan dengan kaku.

Baca Juga: Pernyataan Putin Soal Pasokan Gas Ini Makin Bikin Uni Eropa Ketar-Ketir

Sejak meluncurkan invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, dia sering tampil di depan umum, mempertahankan jadwal penuh pertemuan dan panggilan telepon termasuk dua perjalanan ke luar negeri dalam sebulan terakhir.

Direktur CIA William Burns ditanya tentang masalah ini selama forum keamanan di Amerika Serikat pada hari Rabu, di mana dia mengatakan bahwa Putin "sepenuhnya terlalu sehat".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×