Global

Melonjak, Singapura catat kasus lokal COVID-19 tertinggi dalam setahun terakhir

Senin, 17 Mei 2021 | 19:20 WIB Sumber: Channel News Asia
Melonjak, Singapura catat kasus lokal COVID-19 tertinggi dalam setahun terakhir

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Singapura mencatat 38 kasus lokal baru COVID-19 pada Minggu (16 Mei), dengan tujuh di antaranya "pada awalnya positif" untuk varian B1617 dari India.

Mengutip Channel News Asia, angka itu merupakan jumlah kasus komunitas tertinggi yang Singapura laporkan sejak 14 April tahun lalu ketika mencatat 40 infeksi lokal. Kebijakan "pemutus sirkuit" bergulir mulai 7 April 2020.

Sebanyak 21 kasus komunitas baru terkait dengan infeksi sebelumnya dan 17 sisanya tidak terkait. Dari kasus lokal anyar, 13 orang sudah berada di karantina sebelumnya, Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan.

Baca Juga: Singapura memberlakukan lockdown mulai hari ini

Sementara enam dari tujuh kasus yang pada awalnya dinyatakan positif varian B1617 adalah kasus yang tidak terkait.

Kasus terkait yang pada awalnya terbukti positif untuk varian tersebut adalah seorang pria Filipina yang bekerja sebagai perwakilan penjualan di JR Life Sciences. 

Dia telah mengunjungi Terminal 3 Bandara Changi pada 4 Mei dan termasuk di antara enam kasus baru yang terkait dengan kluster di terminal penumpang itu.

Singapura pun kembali menerapkan lockdown parsial mulai 16 Mei hingga 13 Juni mendatang untuk mengekang penyebaran virus corona baru.

Selanjutnya: Malaysia kembali terapkan Perintah Kontrol Gerakan, lebih ketat dari sebelumnya

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru