kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melihat torpedo milik angkatan laut Rusia yang ditakuti kapal perang AS


Jumat, 06 November 2020 / 21:05 WIB
Melihat torpedo milik angkatan laut Rusia yang ditakuti kapal perang AS

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Dalam beberapa dekade terakhir, Uni Soviet atau sekrang Rusia telah menjadi rumah bagi salah satu bagian mesin modern yang paling kokoh dan andal, dengan hanya Amerika Serikat (AS) yang mendekati kekuatan manufakturnya.

Mulai dari Tank Tempur Utama (MBT) canggih yang mampu beroperasi di suhu di bawah nol hingga jet tempur yang mengarungi langit dengan kecepatan luar biasa, jika ada persenjataan canggih di luar sana di dunia, Rusia sudah memilikinya.

Nah, sementara banyak fokus tertuju pada pengembang jet tempur seperti Mikoyan dan Sukhoi untuk menyediakan pesawat tempur canggih seperti MiG 29 dan Su-35, ada monster laut tua yang terkunci di teluk negara yang sama menakutkan karena kecepatannya seperti dilansir The Eur Asian Times, Jumat (6/11)

Torpedo VA-111 Shkval bersama dengan keturunannya, telah menjadi jawaban bagi Uni Soviet dan kemudian Rusia untuk menangkal kapal selam musuh dan torpedo-nya selama yang bisa diingat.

Baca Juga: AS segera jual drone canggih ke UEA, ditaksir senilai US$ 2,9 miliar

Awalnya kapal perang ini dikembangkan di bawah pemerintahan Soviet, torpedo supercavitating, yang dioperasikan pada awal 1977, memiliki kecepatan lebih dari 200 knot (370 km per  jam atau 230 mil per jam)

Torpedo super cepat dirancang sedemikian rupa sehingga mereka dapat menghancurkan musuh sebelum sempat mendeteksi atau bertindak. Torpedo VA-111 diluncurkan dari tabung torpedo 533 mm dengan kecepatan 50 knot (93 km per jam) sebelum mencapai kecepatan 200 knot dengan menggunakan pengapian roket berbahan bakar padat.

Menurut beberapa laporan, torpedo ini juga bisa mencapai kecepatan 250+ knot, dengan pekerjaan sedang dalam pengembangan versi 300-knot (560 km per jam).

Baca Juga: AS siap kerahkan rudal di Eropa, Rusia: Sangat berisiko dan tidak stabil

Seorang penulis Pertahanan dan Keamanan Nasional yang berbasis di San Francisco, Kyle Mizokami, saat menulis untuk Kepentingan Nasional, berkata:

“Bayangkan senjata yang tiba-tiba muncul enam kali lebih cepat dari pendahulunya. Guncangan dari sistem terobosan semacam itu akan mengubah seluruh medan peperangan di atas kepalanya, karena musuh potensial bergegas untuk mengerahkan tindakan balasan ke senjata baru yang mereka tidak berdaya. "

Dengan torpedo bukan nuklir, orang hanya bisa membayangkan berapa banyak kerusakan yang akan ditimbulkan jika perancang Soviet mendesainnya sebagai alat penghancur total daripada memiliki kecepatan yang konyol.



TERBARU

×