kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad


Minggu, 23 Januari 2022 / 05:10 WIB
Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad

Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terjawab sudah siapa yang menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Adalah Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak yang ditunjuk menjadi Pangkostrad.

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan nomor 66/I/2022 yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

“Pengkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak,” sebut Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Prantara Santosa dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/1).

Diketahui Maruli sebelumnya menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana dan mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres).

Dia menjadi Pangkostrad menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang kini menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Prantara menjelaskan, berdasarkan surat keputusan tersebut, terdapat sembilan perwira tinggi bintang 3 TNI yang juga mengisi jabatan baru.

Baca Juga: Tingkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara, Panglima TNI Temui Kepala BPKP

Pertama, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III dijabat oleh Mayjen TNI Nyoman Cantiasa. Kedua, Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI diisi Letjen TNI Bakti Agus Fajari.

Ketiga, jabatan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) diduduki Mayjen TNI Agus Subianto. Keempat, Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Dankodiklatad) adalah Mayjen TNI Ignatius Yogo.

Kelima, Laksdya TNI Agung Prasetiawan terpilih menjadi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada). Keenam, Laksdya TNI Nurhidayat mengisi jabatan sebagai Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal).

Ketujuh, Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) adalah Mayjen TNI Mar Hartono. Kedelapan, Pangkoopsudnas diisi Marsdya TNI Andyawan Martono.

Kesembilan, Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Udara dijabat Marsda TNI Nanang Santoso.

Selain itu juga terdapat 28 Perwira Tinggi TNI yang masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI. “Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI,” pungkas Prantara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menantu Luhut Binsar Pandjaitan, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Resmi Jadi Pangkostrad".
Penulis : Tatang Guritno
Editor : Ivany Atina Arbi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×