kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masyarakat Diimbau Panen Air Hujan untuk Hadapi Kekeringan, Ini Penjelasan BMKG


Kamis, 23 Februari 2023 / 11:27 WIB
Masyarakat Diimbau Panen Air Hujan untuk Hadapi Kekeringan, Ini Penjelasan BMKG
ILUSTRASI. BMKG ajak masyarakat untuk melakukan panen air hujan.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat untuk melakukan panen air hujan. Langkah ini ditujukan sebagai upaya mitigasi dalam menghadapi musim kemarau. 

Melansir laman bmkg.go.id, BMKG sendiri memprediksi musim kemarau di tahun 2023 akan lebih kering jika dibandingkan dengan periode tiga tahun terakhir (2020-2022).

"Mumpung saat ini hujan masih turun, maka kami mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah untuk melakukan aksi panen hujan dengan cara menampungnya menggunakan tandon air atau bak penampung," ungkap Kepala BMKG Dwikorita di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Dia menambahkan, dengan melakukan panen air hujan, pada saat kemarau nanti, air tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mengantisipasi dampak kekeringan akibat musim kemarau. 

BMKG mengimbau panen hujan terutama di daerah-daerah yang rawan kekeringan seperti Provinsi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dwikorita menyebut, dalam waktu beberapa bulan yang akan datang, curah hujan dengan kategori intensitas rendah diprediksi dapat terjadi di beberapa wilayah Indonesia. 

Baca Juga: BMKG Prediksi Kekeringan di 2023, Ini Antisipasi yang Disiapkan BRIN

Sektor-sektor yang terdampak seperti sumber daya air, kehutanan, pertanian, dan kebencanaan, kata Dwikorita, perlu melakukan langkah antisipatif untuk meminimalkan potensi dampak kekeringan sebagai konsekuensi kondisi curah hujan rendah tersebut.

"Kondisi cuaca yang kering ini berpotensi mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Langkah pencegahan harus dilakukan semua pihak terkait sebagai bentuk mitigasi dan antisipasi," imbuhnya.

Baca Juga: Peringatan! BMKG Ramal Musim Kemarau 2023 Lebih Kering Dibandingkan 3 Tahun Terakhir



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×