kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masyarakat Dihimbau Tak Gunakan Sepeda Motor untuk Mudik


Rabu, 05 April 2023 / 06:15 WIB
Masyarakat Dihimbau Tak Gunakan Sepeda Motor untuk Mudik

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi tahun ini diproyeksi akan ada 25,13 juta pemudik menggunakan sepeda motor.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, penggunaan sepeda motor sebagai sarana mudik memiliki risiko tinggi di perjalanan. Maka Ia menghimbau agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor sebagai sarana mudik nantinya.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan sarana mudik substitusi agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor saat mudik.

"Substitusi daripada apa yang kita anjurkan agar tidak melakukan mudik pakai motor, maka kita mengadakan darat, udara, laut dan kereta api untuk mudik. Terutama darat, laut dan kereta api," kata Budi dalam Raker bersama Komisi V DPR RI, Selasa (4/3).

Baca Juga: Pemudik dengan Kendaraan Pribadi Tinggi, Ini Kebijakan Pengaturan Mobilitas

Lebih lanjut, Budi menyebut perusahaan swasta juga dapat membuat program mudik bersama bagi para pegawainya.

Kementerian Perhubungan sendiri mengadakan mudik gratis pada masa Lebaran 2023. Terdapat tiga program mudik gratis yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan. Total kapasitas mudik gratis yang disediakan ialah 80.792 penumpang dan 16.340 sepeda motor.

Program mudik gratis pertama disediakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyediakan mudik gratis dengan rute 26 kota di Pulau Jawa dan 2 kota di Sumatra. Mudik gratis ini memiliki kapasitas 24.072 penumpang dan 900 sepeda motor. Adapun pendaftaran dimulai 13 Maret sampai 14 April melalui aplikasi MitraDarat.

Kemudian mudik gratis di Direktorat Jenderal Perkeretaapian terdiri dari lintas utara (Cilegon-Jakarta-Cirebon-Tegal-Pekalongan-Semarang). Lintas tengah yakni Jakarta-Cirebon-Purwokerto-Kroya-Gombong-Kutoarjo-Lempuyangan.

Selanjutnya, lintas selatan yakni Kiaracondong-Tasikmalaya-Sidareja-Kroya-Gombong-Kutoarjo-Lempuyangan-Purwosari. Ketiga rute memiliki kapasitas 46.720 penumpang dan 10.440 sepeda motor. Untuk mudik gratis melalui kereta api pendaftaran dibuka mulai 1 Maret sampai 3 Mei 2023.

"Kita juga menerapkan mudik menggunakan kereta api di mana kendaraan motornya bisa ikut dalam kereta api," imbuhnya.

Baca Juga: Jelang Periode Arus Mudik, PT JTT Pastikan Kesiapan Operasional di Wilayah Jawa Barat

Kemudian di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mudik gratis meliputi rute arus mudik Jakarta-Semarang dan arus balik Semarang-Jakarta. Dimana total kapasitas mudik gratis dengan kapal ialah 10.000 penumpang dan 5.000 sepeda motor. Pendaftaran mulai 23 Maret sampai 7 April 2023.

"Lalu di laut juga begitu, kapal laut yang kita gunakan adalah kapal ro-ro, sehingga kendaraan motornya itu bisa masuk. Yang sudah kita programkan adalah di Jakarta ke Semarang," kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×