kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masuk wilayah udara tanpa izin, jet tempur Singapura usir helikopter Polisi Malaysia


Rabu, 06 Oktober 2021 / 12:09 WIB
Masuk wilayah udara tanpa izin, jet tempur Singapura usir helikopter Polisi Malaysia
ILUSTRASI. Pesawat tempur F16 milik Angkatan Udara Singapura dan TNI Angkatan Udara melakukan formasi bersama membentuk angka 50 melintasi Marina Bay Cruise Center, Singapura, Kamis, (7/9). REUTERS/Edgar Su.

Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Menteri Pertahanan Ng Eng Hen mengatakan pada Selasa (5/10), Singapura menyatakan keprihatinan atas masuknya helikopter Kepolisian Diraja Malaysia secara tidak sah bulan lalu.  

Insiden yang terjadi pagi hari pada 11 September lalu tersebut mendorong Singapura segera mengirim jet tempur F-16.

Kementerian Pertahanan Singapura menyatakan, saat itu, Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) menanggapi "potensi ancaman udara", tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

Jet tempur F-16 langsung kembali ke pangkalan setelah memastikan keamanan Singapura tidak terganggu, menurut Kementerian Pertahanan Singapura.

Baca Juga: Panggil duta besar China, Malaysia layangkan protes atas Laut China Selatan

Dalam jawaban tertulis kepada Parlemen Singapura, Ng mengungkapkan, helikopter Kepolisian Malaysia sedang melakukan perjalanan ke arah Tenggara menuju Tanjung Pengelih di Johor ketika memasuki wilayah udara teritorial Singapura di bagian Timur Pulau Tekong tanpa persetujuan.

Menteri pertahanan menjawab pertanyaan Anggota Parlemen Dennis Tan yang menanyakan, apakah benar ada helikopter Kepolisian Malaysia yang memasuki wilayah udara Singapura pada September. Apakah ada tindakan lanjutan yang Singapura ambil, termasuk mengeluarkan protes nota diplomatik.

“Selama helikopter mendekat, RSAF telah mengeluarkan peringatan untuk menghindari wilayah udara kita, tetapi tidak ada jawaban. Jet tempur F-16 RSAF bergegas untuk menyelidiki. Setelah memastikan keamanan kita tidak terganggu, pesawat F-16 disingkirkan," kata Ng.

"Kementerian Dalam Negeri kita telah menyampaikan keprihatan kita kepada Malaysia atas masuknya helikopter Kepolisian Malaysia secara tidak sah," imbuh dia, seperti dilansir Channel News Asia.

Selanjutnya: Pesawat tempur China melintasi wilayahnya, Singapura: Tidak dianggap sebagai ancaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×