Ekonomi

Masih lambat, suku bunga dasar kredit perbankan hanya turun 177 bps hingga April 2021

Jumat, 18 Juni 2021 | 06:10 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Masih lambat, suku bunga dasar kredit perbankan hanya turun 177 bps hingga April 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mencatat suku bunga kredit perbankan telah menurun sejalan dengan tren penurunan suku bunga acuan. Namun, respon penurunan lebih terbatas. Adapun pada Rapat Dewan Gubernur BI pada 17 Juni 2021, suku bunga acuan tetap dipertahkankan level 3,5%.

Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) perbankan baru turun sebesar 177 basis poin (bps) sejak April 2020 menjadi 8,87% pada April 2021.  "Di tengah menurunnya Harga Pokok Dana untuk Kredit (HPDK), penurunan SBDK masih terbatas didorong oleh kembali meningkatnya komponen margin keuntungan, terutama terjadi pada kelompok bank umum swasta," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI, Kamis (17/6).

Di samping itu, premi risiko perbankan cenderung meningkat yang mengindikasikan masih tingginya persepsi risiko perbankan terhadap dunia usaha. 

Baca Juga: BI perpanjang penurunan denda keterlambatan bayar kartu kredit hingga Desember

Sejalan dengan itu, suku bunga kredit baru pada April 2021 juga meningkat, khususnya pada kelompok Bank Pembangunan daerah (BPD), bank BUMN, dan Bank Umum Swasta Nasioanal (BUSN). 

BI berharap perbankan bisa terus melakukan penyesuaian suku bunga kredit sebagai bagian dari upaya bersama untuk mendorong kredit kepada dunia usaha.

Selanjutnya: Ini enam langkah kebijakan BI untuk dorong pemulihan ekonomi

 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru