kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makin Semarak, APM Getol Merilis Model Baru di Segmen SUV


Minggu, 06 Agustus 2023 / 06:30 WIB
Makin Semarak, APM Getol Merilis Model Baru di Segmen SUV

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar otomotif Indonesia terus disesaki oleh produk mobil baru sepanjang 2023 berjalan. Kali ini, beberapa agen pemegang merek (APM) getol merilis model baru di segmen sport utility vehicle (SUV).

Terbaru, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersiap memperkenalkan ke publik The New SUV pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Sebelum dirilis resmi, Mitsubishi telah mengungkap desain eksterior dan beberapa fitur penting dari model tersebut.

President Director MMKSI Atsushi Kurita menyampaikan, The New SUV dari Mitsubishi bakal masuk ke subkategori compact SUV. Segmen compact SUV telah hadir sejak lama di Indonesia dan popularitasnya terus melonjak. Dalam dua tahun terakhir, segmen ini telah tumbuh lebih dari 50% seiring banyaknya merek yang berkecimpung di dalamnya.

Baca Juga: Kendaraan Elektrifikasi Dorong Ekspor Otomotif Nasional

Pihak Mitsubishi sendiri masih merahasiakan nama resmi The New SUV ini sampai World Premier di GIIAS 2023. Informasi terkait harga produk dan jumlah varian The New SUV juga belum diungkap Mitsubishi ke publik.

“Kami yakin The New SUV dari Mitsubishi dapat bersaing dengan model dan brand lain di segmen pasar yang sama,” kata Atsushi Kurita saat presentasi di hadapan media, Senin (31/7).

The New SUV akan diproduksi langsung di pabrik MMKSI di Bekasi, Jawa Barat. Pihak MMKSI memastikan unit produksi massal The New SUV akan segera dikirimkan kepada konsumen setelah pelaksanaan GIIAS 2023.

Lantaran belum resmi dirilis, Manajemen Mitsubishi masih akan memantau terlebih dahulu perkembangan pasar dan feedback dari konsumen sebelum memastikan target penjualan The New SUV.

Dihubungi terpisah, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga meramaikan pasar SUV dengan model baru, yakni Suzuki Grand Vitara yang dirilis saat Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 bulan Februari lalu dan Suzuki XL7 Hybrid yang meluncur pertengahan Juni kemarin.

Merujuk situs resmi Suzuki, Grand Vitara dibanderol mulai dari Rp 359,40 juta sedangkan XL7 Hybrid dijual dengan harga mulai dari Rp 256,10 juta.

Baca Juga: Astra International (ASII) Mengantongi Laba Bersih Rp 17,4 Triliun

Public Relations Head Suzuki Indomobil Sales Zulfikar Rafi Al-Ghanny menyebut, walau baru dirilis pertengahan Juni 2023, XL7 Hybrid berhasil menguasai 15% dari total penjualan mobil Suzuki sepanjang bulan tersebut. “XL7 masih menjadi kontributor terbesar Suzuki di kategori mobil penumpang,” imbuh dia, Senin (31/7).

Sementara itu, unit Grand Vitara mulai didistribusikan kepada konsumen sejak Mei 2023 dan mendapat respons yang positif dari masyarakat Tanah Air. Model baru tersebut telah terjual lebih dari 500 unit sampai saat ini dan berpotensi terus bertambah.

Tingginya peminat kedua model tersebut menjadi bukti bahwa produk SUV Suzuki mampu memenuhi segala kebutuhan konsumen dengan kualitas mumpuni. Selain tangguh, baik Grand Vitara dan XL7 Hybrid juga dikenal efisien dari sisi penggunaan energi dan mudah dalam hal perawatan.

Meski belum buka-bukaan rencana model baru di sisa semester II-2023, pihak Suzuki memastikan terus mengupayakan peningkatan penjualan pada model-model yang dimilikinya. Hal ini dilakukan Suzuki melalui beragam program penjualan yang menarik dan aktivitas bersama para konsumen.

PT Honda Prospect Motor (HPM) juga berencana merilis sebuah model baru pada ajang GIIAS 2023. Hanya, belum banyak informasi yang digali terkait calon model baru Honda tersebut. Dalam pemberitaan sebelumnya, Honda seringkali dirumorkan akan merilis dua model hybrid baru di pasar Indonesia pada 2023.

Sedangkan pada Mei 2023 lalu, HPM sempat merilis varian baru Honda WR-V transmisi manual. WR-V sendiri merupakan SUV yang mulai dijual Honda di Indonesia jelang akhir tahun lalu. Model ini terjual sebanyak 8.963 unit pada semester I-2023.

Sejauh ini, Honda masih mengandalkan model-model SUV untuk menopang penjualannya. Model seperti HR-V menjadi kontributor utama Honda di segmen tersebut dengan penjualan sebesar 13.793 unit pada semester I-2023.

Baca Juga: Ini 5 Tips Beli Online Kendaraan Listrik untuk Pemula, Cek Masa Garansi Baterai

“Persaingan pasar SUV sekarang makin bergairah, karena konsumen menyukai kendaraan dengan ground clearance tinggi dan dapat memuat banyak barang,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor, Senin (31/7).

Berbekal produk yang berkualitas dan layanan purnajual yang tersebar di berbagai daerah Indonesia, Honda yakin dapat terus bersaing dengan merek-merek lain yang ada di Indonesia.

Di luar itu, ada pula PT Toyota Astra Motor (TAM) yang getol merilis model baru sepanjang semester I-2023. Beberapa model baru Toyota adalah produk SUV, seperti All-New Corolla Cross GR Sport Hybrid dan All-New Yaris Cross Hybrid. Toyota digadang-gadang juga akan kembali merilis produk baru di ajang GIIAS 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×