Link dan Cara Isi Data Rekening Pencairan BSU 2022 untuk Pekerja dengan Bank Swasta

Selasa, 04 Oktober 2022 | 04:21 WIB   Reporter: kompas.com
Link dan Cara Isi Data Rekening Pencairan BSU 2022 untuk Pekerja dengan Bank Swasta

ILUSTRASI. Pekerja atau buruh yang tidak memiliki rekening bank himbara dapat melakukan pengisian nomor rekening bank himbara secara mandiri.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang belum kebagian Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2022, jangan khawatir. Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji tahun 2022 yang diperuntukkan bagi pekerja atau buruh.

Informasi saja, BSU ini dicairkan secara bertahap hingga Desember mendatang. BSU 2022 disalurkan hanya melalui bank himbara, seperti BTN, Bank Mandiri, BNI, dan Bank BRI, Bank Syariah Indonesia untuk Provinsi Aceh, serta PT Pos Indonesia.

Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh.

Lantas, bagaimana dengan pekerja atau buruh yang memenuhi persyaratan tetapi tidak memiliki rekening bank himbara?

Pekerja atau buruh yang tidak memiliki rekening bank himbara dapat melakukan pengisian nomor rekening bank himbara secara mandiri. Pengisian rekening bank himbara bagi pekerja dengan rekening bank swasta ini dilakukan secara online melalui laman BPJS Ketenagakerjaan, bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Baca Juga: BLT Ojol Cair Bulan Oktober 2022, Ini Informasi Soal Data Penerimanya

“(Pekerja berekening bank swasta) boleh buka rekening di bank yang resmi menjadi penyaluran BSU. Apabila memenuhi kriteria calon penerima BSU yang tertuang dalam Permenaker Nomor 10 Tahun 2022, silakan melakukan update nomor rekening melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id,” ujar Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Oni Marbun saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Cara isi data rekening bagi pekerja dengan bank swasta

Pencairan BSU 2022 bagi para pekerja dengan rekening bank swasta tetap dilakukan melalui bank himbara. Pekerja dapat melakukan pengisian data rekening bank himbara miliknya.

Setelah ditetapkan sebagai calon penerima BSU, pekerja dengan rekening bank swasta bisa mengakses laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id. 

Langkah pengisian rekening untuk pencarian dana BSU atau BLT 2022 bagi pekerja dengan rekening bank swasta dilakukan dengan cara berikut:

Baca Juga: Klik Bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id & Kemnaker.go.id Buat Cek BSU Tahap 4, Ini Caranya

  • Akses laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id Bagi Anda yang ditetapkan sebagai calon penerima, akan memperoleh notifikasi bahwa telah lolos verifikasi data penerima BPJS Ketenagakerjaan
  • Di bawah pemberitahuan tersebut, akan ada tombol “Update Rekening Disini”, untuk memasukkan rekening bank himbara Isikan data rekening bank himbara, pastikan nama pemilik bank sama dengan calon penerima BSU.
  • Setelah data bank himbara yang dimasukkan dipastikan benar, Anda dapat menunggu proses validasi sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022.
  • Terkait dengan status penyaluran BSU atau BLT subsidi gaji tahun 2022 dapat dicek secara berkala melalui laman https://kemnaker.go.id. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Link dan Cara Pencairan BSU 2022 bagi Pekerja dengan Rekening Bank Swasta"
Penulis : Mela Arnani
Editor : Mela Arnani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru