kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Libur Nataru, lebih dari 1 juta kendaraan lewati JTTS


Selasa, 05 Januari 2021 / 05:17 WIB
Libur Nataru, lebih dari 1 juta kendaraan lewati JTTS

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Hutama Karya mencatat, peningkatan volume lalu lintas (VLL) kendaraan yang cukup signifikan pada jalan tol Trans Sumatera (JTTS) saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). 

Evecutive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J. Aries Dewantoro mengatakan, lebih dari 1 juta kendaraan melintas di JTTS sepanjang momen Nataru. 

Padahal, hari libur yang ditentukan oleh pemerintah pada periode kali ini tidak sepanjang biasanya.

"Sejak tanggal Kamis (24/12) hingga Minggu (3/1) total VLL kendaraan yang melintas di JTTS mencapai 1.140.833 kendaraan. Ini merupakan akumulasi dari seluruh ruas yang ada di JTTS baik yang sudah beroperasi penuh maupun fungsional," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, hari ini (4/1).

Baca Juga: Daftar enam BUMN yang mendapat suntikan modal pemerintah Rp 35,07 triliun akhir 2020

"Adapun untuk VLL, kendaraan ruas fungsional yakni Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 3 (Jatho – Indrapuri) tercatat 10.862 kendaraan melintas dan untuk Medan – Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia – Marelan –Helvetia) tercatat sebanyak 160.002 kendaraan melintas selama momen Nataru tersebut," lanjut Aries.

Lebih lanjut Aries bilang, puncak arus balik kendaraan yang melintas dari Sumatra kembali ke Jawa terjadi pada hari Minggu (3/1). Di mana tercatat 120.656 kendaraan melintas di jalur arus balik JTTS setelah sebelumnya pada hari Sabtu (2/1) hanya 109.467 kendaraan yang melintas.

Meskipun momen Natal dan Tahun Baru 2021 kali ini harus dirayakan di tengah situasi pandemi Covid-19, namun Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera tetap mengoptimalkan pelayanan di jalan tol dengan penerapan protokol Covid-19 yang ketat.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat yang tetap harus bepergian dan melintasi JTTS bisa ikut merasakan suasana momen Natal dan pergantian tahun meski sedang berada di perjalanan.

“Kami memasang baliho, spanduk dan VMS yang bertemakan Natal di sepanjang jalan tol. Selain itu kami juga melakukan aksi simpatik pembagian souvenir kepada pengguna jalan tol bertepatan dengan pergantian tahun tepatnya pada tanggal (1/1) Pukul 00.00 WIB sehingga pengguna jalan tol dapat merasakan euphoria tahun baru. Aksi simpatik ini tidak hanya dilakukan di Sumatra, melainkan juga di jalan tol kami yang ada di Pulau Jawa, salah satunya yakni Jakarta Outer Ring Road Seksi S,” tambah Aries.

Tak hanya itu, selama momen Nataru kemarin Hutama Karya telah mendirikan Pos Pantau dengan dibantu oleh pihak kepolisian, TNI serta Basarnas untuk melakukan pengamanan selama 24 jam, mendirikan Pos Cek Kesehatan bekerjasama dengan Rumah Sakit sekitar, berkolaborasi dengan Telkomsel untuk mendirikan Pos Komunikasi dalam menyediakan jaringan wifi gratis serta pengecekan kondisi kendaraan gratis.

Baca Juga: Astra Tol Cipali: Sebanyak 15.016 kendaraan lewati gerbang tol hingga siang ini

Meski operasional jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, Hutama Karya pada prinsipnya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol Covid-19 di ruas tol dan Rest Area yang dikelola.

“Kami mewajibkan seluruh petugas menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, dan manset, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di Gerbang Tol, Gedung Kantor dan Rest Area serta memberikan fasilitas cek kesehatan gratis dimana pengguna jalan tol tidak hanya di cek suhu tubuhnya, tetapi juga dapat mengecek kondisi kesehatannya, melakukan tes rapid gratis, mapu menggunakan fasilitas refreksi gratis yang ada di Rest Area,” pungkas Aries.

Selanjutnya: Dua proyek dibayar, Adhi Karya (ADHI) dapatkan Rp 1,6 triliun di akhir 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×