Global

Libatkan 2 kapal perusak buatan Rusia, China gelar patroli dan latihan militer

Selasa, 23 Maret 2021 | 12:22 WIB Sumber: Global Times
Libatkan 2 kapal perusak buatan Rusia, China gelar patroli dan latihan militer

ILUSTRASI. Fregat berpeluru kendali Changzhou dan kapal perusak berpeluru kendali Jinan di bawah Komando Teater Timur PLA China, membentuk formasi di Laut China Timur selama latihan maritim pada 20 Januari 2021. Dok: eng.chinamil.com.cn/foto oleh Fang Sihang

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) baru-baru ini mengelar serangkaian latihan militer yang menampilkan dua kapal perusak kelas Sovremenny buatan Rusia.

Sekelompok kapal perang Angkatan Laut Komando Teater Timur PLA mengadakan patroli dan latihan tempur di wilayah laut yang dirahasiakan, navy.81.cn, situs berita Angkatan Laut PLA melaporkan. 

Yakni, kapal perusak berpeluru kendali Type 052D Taiyuan, kapal perusak berpeluru kendali kelas Sovremenny Hangzhou dan Ningbo, dan fregat berpeluru kendali Type 054A Zhoushan.

Hangzhou, yang menjalani modernisasi pada 2015 dan menyelesaikan peningkatan di akhir 2019, terlihat dari dekat secara detail dalam serangkaian foto yang dirilis navy.81.cn, seperti dikutip Global Times.

Ini adalah pertama kalinya Angkatan Laut PLA menunjukkan peluncur rudal anti-kapal supersonik YJ-12 yang baru dipasang di Hangzhou, Passion News melaporkan, seperti dilansir Global Times.

Baca Juga: AS-Jepang beri peringatan, China kirim tiga kapal perang dekati Jepang

Kepada Passion News, Yin Zhuo, pakar angkatan laut, mengatakan, rudal YJ-12 hampir tidak mungkin untuk dicegat karena kecepatannya yang cepat hanya menyisakan musuh sekitar 10 detik untuk mencoba mencegat.

Sebagai bagian dari program modernisasi untuk meningkatkan kemampuan kapal perusak yang dikirim Moskow pada 1999, sebanyak delapan rudal anti-kapal YJ-12 terpasang menggantikan delapan rudal Sunburn buatan Rusia.

Lalu, sistem peluncur rudal vertikal 32 unit untuk rudal pertahanan udara HQ-16 terpasang menggantikan dua set sistem rudal pertahanan udara Shtil. Dan, sistem elektronik kapal perang juga ditingkatkan secara komprehensif.

Modernisasi kapal perusak kelas Sovremenny dengan senjata dan peralatan canggih buatan China secara signifikan meningkatkan kemampuan tempur kapal perang itu, seorang pakar militer China tanpa mau menyebut nama mengatakan kepada Global Times.

China membeli empat kapal perusak kelas Sovremenny, Hangzhou pada 1999, Fuzhou pada 2000, Taizhou pada 2005, dan Ningbo pada 2006. Menurut eastday.com, Hangzhou dan Fuzhou adalah varian 956E sedang Taizhou dan Ningbo varian 956EM.

Selanjutnya: Filipina protes, China bantah ratusan kapal nelayan berlabuh sebagai militerisasi

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru