kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lelang frekuensi jaringan 5G batal, TOWR dan GHON tetap konsisten melakukan ekspansi


Selasa, 26 Januari 2021 / 06:50 WIB
Lelang frekuensi jaringan 5G batal, TOWR dan GHON tetap konsisten melakukan ekspansi

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membatalkan lelang frekuensi 2,3 GHz yang sempat dilakukan pada Desember 2020 lalu. Frekuensi tersebut sejatinya akan digunakan untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Menurut Direktur Utama PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk (GHON) Rudolf Nainggolan, memang pemerintah lebih baik tidak terburu-buru untuk melakukan tender 5G. "Tetapi memang harus segera memutuskan untuk lebih matang didalam memutuskan pemanfaatan Teknologi 5G," ujar Rudolf kepada kontan.co.id, Senin (25/1).

Rudolf mengatakan bahwa, banyak hal yg harus diperhatikan untuk persiapan penggelaran 5G ini, seperti pesiapan sumber daya manusia (SDM) yang mempuni, pengadaan perangkat BTS oleh vendor, pengadaan perangkat Mobile Phone 5G oleh vendor. Menurutnya, lokal harus siap juga.

Selain itu, kesiapan untuk ekspansi jaringan BTS dan Transmisi FO oleh Tower Provider atau Network Provider. Pemerintah juga perlu mendorong perusahaan-perusahaan lokal sebagai SaaS (Software as a Service) dan PaaS (Platform as a Service). "Agar Network 5G  yang dibangun lebih berdaya guna untuk membangun pertumbuhan ekonomi domestik," kata Rudolf.

Baca Juga: Pemerintah batalkan lelang frekuensi 5G, begini kata pengamat telekomunikasi

Rudolf mengaku, langkah Gihon tetap konsisten melakukan ekspansi 4G dan sambil menunggu keputusan pemerintah untuk tetap mendorong 5G network berkembang di Indonesia. Seperti diketahui, GHON berencana menganggarkan belanja modal atawa capital expenditure (capex) sekitar Rp 200 miliar di tahun 2021. 

Capex tersebut rencananya akan digunakan untuk pembangunan tower dan colocation, melakukan akuisisi, dan mempersiapkan investasi untuk pengembangan dan penambahan menara. Sumber dananya berasal dari cashflow internal perusahaan dan pinjaman bank

Sementara itu Wakil Direktur Utama PT Sarana Menara Nusantara Tbk Adam Gifari mengaku keputusan Kemkominfo membatalkan lelang frekuensi 2,3 GHz diperkirakan memiliki dampak yang tidak terlalu siginifikan atas anggaran TOWR untuk tahun 2021 ini.

"Hal tersebut disebabkan karena rencana ekspansi operator saat ini masih banyak berfokus kepada 4G secara coverage serta capacity. Seperti kita tahu masih banyak daerah di Indonesia yang belum dijangkau layanan internet 4G," kata Adam.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×