Ekonomi

Lebaran mendongkrak tingkat kunjungan ke mal yang dikelola CTRA, PWON dan MTLA

Senin, 17 Mei 2021 | 08:15 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Lebaran mendongkrak tingkat kunjungan ke mal yang dikelola CTRA, PWON dan MTLA

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski masih dibayangi pandemi, momentum Lebaran Idul Fitri tahun ini kembali mendongkrak tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan atau mal yang dikelola sejumlah emiten. Seiring dengan kunjungan yang meningkat, tingkat penjualan peritel juga ikut melesat. 

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) misalnya, mencatatkan pertumbuhan tingkat kunjungan dan penjualan dari para tenant. Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan PWON Minarto Basuki bahkan menyampaikan bahwa lebaran 2021 dapat dikatakan sebagai momentum kebangkitan kembali bisnis ritel.

Sebab, sejak H-14 atau minggu kedua ramadan, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan sudah mendekati tahun 2019 atau sebelum pandemi covid-19. Minarto memberikan gambaran, jika dibandingkan dengan estimasi sales para tenant pada Mei 2020 lalu, sales pada bulan Mei tahun ini diperkirakan meningkat hingga lima kali lipat.

Baca Juga: Kunjungan meningkat, omzet peritel dan penyewa pusat belanja naik hingga 30%

Hal itu terjadi lantaran tingkat kunjungan dan penjualan pada Mei tahun lalu terpangkas sangat dalam seiring pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan minimnya mobilitas masyarakat pada masa awal pandemi.

"Perkirakan kami sales para tenant di Mei 2021 bisa mencapai hingga lima kalinya, karena waktu itu sales Mei 2020 turun drastis tinggal 20%-nya, seiring diberlakukannya PSBB. Jika dibandingkan kondisi pra-pandemi, tingkat penjualan di masa Lebaran ini sudah mendekati pencapaian 2019," ungkap Tulus saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (16/5). 

 

 

Tulus berharap, Lebaran bisa menjadi momentum dan titik balik pulihnya bisnis ritel. Namun, semua itu akan bergantung terhadap penanganan pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat. Termasuk regulasi pembatasan sosial yang akan berdampak pada operasional pusat perbelanjaan.

"Jika paska Lebaran tidak terjadi ledakan kasus Covid-19 dan pusat perbelanjaan tetap bisa beroperasi normal, kami percaya bahwa bisnis retail akan tetap bergairah menuju pemulihan seperti sebelum pandemi," sambung Tulus.

Adapun bisnis pusat perbelanjaan PWON ditopang oleh beberapa mall terkemuka, seperti Kota Kasablanka dan Gandaria City di Jakarta, serta Tunjungan City dan Pakuwon Mall di Surabaya. Berikutnya, ada Hartono Mall Yogyakarta, Hartono Mall Solo, Royal Plaza Surabaya hingga Blok M Plaza di Jakarta.

"Kami tetap memastikan penerapan prokes di setiap mall PWON, selain juga tentunya mematuhi ketentuan Pemerintah untuk batasan 50% buat F&B tenants maupun batasan pengunjung di setiap toko," ungkap Minarto

Editor: Handoyo .
Terbaru