kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,32   -12,18   -1.32%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Layanan bongkar muat di MNP meningkat hingga 17% saat libur Nataru


Sabtu, 26 Desember 2020 / 10:20 WIB
Layanan bongkar muat di MNP meningkat hingga 17% saat libur Nataru

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mencatat pelayanan bongkar muat barang di Makassar New Port (MNP) mengalami peningkatan hingga sebesar 17% pada liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

General Manager Pelindo IV Cabang Makassar New Port, Edy Nursewan mengatakan, peningkatan yang terjadi pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini antara 10% sampai dengan 17%, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Dia juga menuturkan, meskipun saat ini masih masa pandemi Covid-19 tetapi arus bongkar muat barang dan operasional pelayanan kapal di pelabuhan tersebut tidak mengalami gangguan yang cukup berarti. Bahkan pihaknya selalu siap melakukan pelayanan selama 1 x 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

Baca Juga: 17 Perusahaan bersiap IPO tahun depan, siapa saja?

Di masa Pandemi Covid-19 ini juga lanjut Edy, operasional layanan bongkar muat barang di MNP malah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. “Pandemi Covid-19 tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja bongkar muat di MNP. Namun, kami tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sesuai anjuran Pemerintah, utamanya bagi para petugas di lapangan,” ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (25/12).

Dia juga mengungkapkan bahwa menyambut libur Nataru tahun ini, semua peralatan sudah disiapkan dalam kondisi yang perform. “Semua peralatan siap beroperasi, mulai dari container crane, RTG, Head Truck dan chassis, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM). Pelayanan juga masih tetap 1 x 24 jam dan 7 hari dalam seminggu,” tegas Edy.

Saat ini Makassar New Port (MNP) yang baru resmi beroperasi pada awal November 2018 rata-rata melayani 30 call kapal dalam sebulan. “Bulan November lalu kami melayani 33 call kapal dan untuk di Desember ini sudah 25 call kapal yang dilayani,” ujarnya.

Rata-rata kapal yang masuk melakukan bongkar muat barang kebutuhan pokok, serta juga barang-barang untuk konstruksi.      

Sementara itu, GM PT Pelindo IV Cabang Terminal Petikemas Makassar, Yosef Benny Rohy mengungkapkan bahwa pihaknya tetap melakukan pelayanan bongkar muat barang selama libur Nataru tahun ini. “Tidak ada yang berubah. Operasional pelayanan tetap kami lakukan 1 x 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Tentunya berkoordinasi dengan stakeholder pelabuhan, terutama Otoritas Pelabuhan (OP),” kata Yosef.  

Baca Juga: Gara-gara syarat antigen, okupansi hotel di Yogyakarta anjlok tinggal 5%

Meskipun begitu, dia mengatakan akibat pandemi Covid-19 layanan bongkar muat barang di Terminal Petikemas Makassar (TPM) mengalami penurunan sebesar 7% sampai 10%, jika dibandingkan dengan libur Nataru tahun lalu.

Penurunan itu terjadi karena belum banyak barang impor yang masuk melalui TPM akibat masih ada beberapa pelabuhan di luar negeri yang belum beroperasi secara optimal karena pandemi Covid-19.

Selanjutnya: Berikut daftar 22 stasiun kereta api penyedia layanan rapid test antigen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×